Capaian Pembelajaran Mapel Animasi DKV Kurikulum Merdeka

 

Capaian Pembelajaran Mapel Animasi DKV Kurikulum Merdeka

Pergantian kurikulum dari 2013 menjadi kurikulum merdeka di dua tahun terakhir, membawa banyak perubahan dalam struktur kurikulum. Di tingkat SMK, khususnya yang saya alami di kompetensi keahlian Multimedia yang sebelumnya ada di kurikulum 2013 kini di kurikulum merdeka tidak ada lagi kompetensi keahlian Multimedia, secara tidak langsung harus berganti menjadi program keahlian yang kini masuk dalam kelompok seni ekonomi kreatif yang mau tidak mau harus memilih antara tiga program keahlian yang ditawarkan yaitu Desain Komunikasi Visual, Animasi, dan Broadcasting.

Di sekolah saya sendiri multimedia kini mulai berganti menjadi DKV, sehingga susunan mata pelajaran yang ada sedikit banyak mengalami perubahan. SMK tempat saya mengajar sudah menerapkan kurikulum merdeka selama 2 tahun yaitu di kelas X dan XI.  Nah untuk tahun ini kebetulan saya mengampu mata pelajaran animasi di kelas XI. Ada banyak perubahan admnistrasi pembelajaran yang harus disiapkan oleh guru karena animasi ini merupakan mata pelajaran konsentrsi keahlian pilihan, dimana tidak ada dasar baku yang digunakan dalam  memilih mata pelajaran yang harus diajarkan di kelas XI, sekolah berhak menentukan sendiri. Sehingga otomatis tidak semua sekolah yang memilih program keahlian DKV mengajarkan animasi untuk siswa-siswanya. Dan dapat disimpulkan masih sulit mencari contoh administrasi mengajar di kurikulum baru ini.

Perlu diketahui bahwa, di kurikulum merdeka ini, guru tidak diberikan KI KD seperti yang ada di kurikulum 2013. Di kurikulum merdeka belajar KI KD diistilahkan menjadi capaian pembelajaran. Nah CP ini disediakan oleh pemerintah hanya di kelas X, untuk kelas XI? Hmmmm… tidak ada, karena apa? Mapel bakunya apa saja tidak ada lagi apalagi CP ya?

Baca Juga


Jadi untuk capaian pembelajaran mata pelajaran konsentrasi keahlian ini guru harus menyusun sendiri, ya menyusun Cpnya, elemennya, tujuan pembelajarannya dan alur tujuan pembelajarannya. Hemm ribet ya..

Berikut saya mencoba sharing Capaian Pembelajaran mapel animasi di kurikulum merdeka pada program keahlian DKV, mungkin tidak sepenuhnya bisa dijadikan referensi karena kami masih belajar juga dan memahami kurikulum baru ini.

 

Semester 1

Elemen Visual dan Storytelling

Pada akhir fase F, peserta didik mampu memahami unsur-unsur visual dalam produksi animasi, penciptaan desain berdasarkan prinsip dan unsur desain (bidang, bentuk, warna, dan komposisi), teknik yang benar dalam bervisual, dikaitkan dengan pencapaian nilai estetika, pembacaan shot/ scene/ sequence storyboard, pengambilan gambar adegan, dan urutan storyboard serta menganalisis cerita, mampu memahami tentang alur cerita serta unsur-unsur dalam sebuah cerita

 

Elemen Dasar Animasi Motion Graphic

Pada akhir fase F, peserta didik mampu memahami konsep animasi, konsep motion graphic, memahami prinsip dalam motion graphic, mengidentifikasi contoh motion graphic dalam kehidupan sehari-hari, melakukan perancangan dan proses desain dan produksi animasi motion graphic

 

Elemen Animasi

Pada akhir fase F,  peserta didik mampu mengetahui aplikasi produksi animasi, memahami pengoperasian perangkat lunak pengolah animasi dengan memilih jenis perangkat lunak pengolah animasi serta menggunakannya dalam perancangan dan proses produksi dalam eksekusi kerja.

 

Semester 2

Elemen Pembuatan Produk Animasi/ Project Animasi Motion Graphic

Pada akhir fase F,  peserta didik mampu menerapkan pembuatan produk animasi motion graphic, mendesain produk animasi motion graphic, membuat produk animasi motion graphic, dan memperbaiki permasalahan pada pembuatan animasi motion graphic

 

Elemen Evaluasi dan Publikasi Produk Animasi

Pada akhir fase F,  peserta didik mampu menerapkan proses rendering, pengujian dan publikasi produk animasi

 



Ingat ya teman-teman, CP di atas tidak baku dan teman-teman guru diberikan kebebasan untuk menentukan materinya sendiri dan fokus materi yang diajarkan sesuai target. Hal ini tentu saja tiap sekolah tidak akan sama tergantung dengan minat dan potensi siswa yang ada di sekolah. Jadi sangat dimungkinkan untuk disesuaikan. Semoga membantu..

No comments:

Terimakasih atas komentar dan kunjungannya

Powered by Blogger.