Susu Alergi Susu Sapi


Moms… mungkin ada yang sedang mengalami kegalauan sebagai seorang ibu, ketika mengetahui anak kita ternyata alergi terhadap protein susu sapi? Saya pernah mengalami ini, dan ingin sekedar sharing berdasarkan pengalaman saya beberapa  waktu lalu.

Apa itu alergi protein susu sapi? Alergi protein susu sapi yaitu reaksi tubuh yang muncul ketika protein susu sapi masuk ke tubuh dan mengenalinya sebagai sesuatu yang berbahaya. Biasanya reaksi yang timbul bermacam-macam, pada anak saya alergi yang muncul adalah timbul ruam merah pada kulit seperti biang keringat dan mutah atau banyak juga yang mengakibatkan gerd pada anak.

Gejala alergi pada anak saya sebenarnya sudah terlihat sejak dia masih bayi sekali, karena ASI saya pada saat itu tidak kunjung keluar di 3 hari pertama adek lahir, dan bodohnya saya beri susu formula. Penyesalan yang sampai sekarang tidak bisa terlupakan padahal dokter pada waktu itu sudah menyampaikan tidak apa-apa tidak usah diberi susu formula. Hmmm.. Kembali lagi pada gejala yang timbul pada anak saya, karena gejala yang timbul hampir umum dialami banyak bayi pada umumnya yaitu mncul seperti biang keringat dan mutah, jadi pada saat itu tidak terpikirkan bahwa adek alergi, kami hanya mengira bahwa mutah seperti gumoh pada umumnya. Namun seiring berjalannya waktu kurang lebih setahun, gejala itu tidak kunjung hilang yang seharusnya pada bayi pada umumnya sudah tidak muncul, ditambah lagi kenaikan berat badan adek pada saat itu tiap bulannya selalu kurang, tidak sesuai KMS. Singkat cerita saya bawa adek ke beberapa dokter tidak ada perubahan, dan barulah pada dokter ke empat ditemukan bahwa adek ternyata Alergi protein Susu Sapi.

Perasaan bersalah sebagai seorang ibu, dimana diumur 17 bulan kami baru tahu bahwa adek alergi susu sapi. Lantas bagaimana penangannya? Sebenarnya banyak sekali yang ingin saya ceritakan yaitu tentang susu apa yang harus dikonsumsi, bagaimana cara memberikan susu itu pada anak karna susunya pahit moms hehe, dan bagaimana akhirnya kami memutuskan untuk memakaikan anak NGT, bagaimana suka dukanya dengan NGT, apakah ada efek sampingnya, dan masih banyak lagi… hehe. Pertama yang akan saya bahas disini adalah susu apa yang dikonsumsi oleh anak yang alergi protein susu sapi?


ASI

Jima moms masih bisa memproduksi ASI dan anda bukan merupakan working mom, saya sangat menyarankan anda memberikan ASI pada anak dengan diet ketat tidak mengonsumsi makanan yang berbahan dasar susu sapi. Biasanya kalau bayi kita masih bayi banget, ASI masih bisa kita paksa untuk berproduksi lebih banyak, alih-alih daripada memberikan anak susu formula. ASI merupan solusi dan paling murah dan mudah mendapatkannya.


Susu Soya

Banyak orangtua yang kemudian beralih pada susu soya ketika mengetahui putra/ putri mereka alergi terhadap protein susu sapi. Sebenarnya sah-sah saja memberikan soya asalkan cocok, namun tidak semua bayi dapat menerima atau cocok mengonsumsi soya. Hal ini yang terjadi pada anak saya, setelah mencoba beberapa merk susu soya, gejala alergi memang agak berkurang namun muncul masalah lain yaitu sembelit dan adek traumanya sampai sekarang. Salah lagi maknya…. Dan dokter anak saya juga tidak merekomendasikan soya sebagai pengganti susu formula.

 

Baca Juga

Cerita Anakku Alergi Susu Sapi


Susu Terhidrolisa Ekstensif / Sempurna

Apa itu susu terhidrolisa sempurna? Susu terhidrolisa sempurna merupakan susu sapi dimana protein yang ada di dalamnya telah dipecah sekecil mungkin sehingga tubuh tidak mengenalinya, nah kalau tidak dikenali maka tubuh tidak akan mengklasifikasikan protein ini sebagai sesuatu zat yang berbahaya. Tapi moms, jangan dibayangkan susu jenis ini susu yang enak dikonsumsi seperti susu pada umumnya ya, karena rata-rata rasanya pahit. Biasanya dokter awal-awal akan meminta kita untuk memberikan secara oral, namun jika adek tetap tidak mau, biasanya akan disarankan untuk penggunaan NGT, hemmsss ini terjadi di anak saya, Jika moms sedang ada di posisi ini, saya pernah merasakannya. Tetap semangat.. demi si kecil .. Nah apa saja contoh susu terhidrolisa sempurna?


Nutribaby Royal Pepti Junior dari Nutricia

susu alergi susu sapi


Susu ini merupakan contoh salah satu susu terhidrolisa sempurna yang diperuntukan untuk bayi usia 0-12 bulan, namun kenyataannya susu ini tetap saya berikan pada anak saya meskipun pada saat itu usianya sudah di atas 12 bulan, tepatnya 17 bulan smpai dengan 6 bulan ke depannya. Kenapa? Kenapa saya memilih susu ini? Harga susu ini memang cukup mahal yaitu paling murah 250ribu per kalengnya atau seberat 400 gram, namun susu ini ternyata lebih murah dibanding merk lain dengan jenis yang sama. Hemmm… terus kenapa masih minum susu ini meski diperuntukkan untuk dibawah 1 tahun? Ini sebenarnya sudah saya tanyakan ke dokter apa gakpapa dok? Jawabannya adalah rata-rata anak dengan alergi protein susu sapi di usia 1 tahun sudah toleran, sehingga tidak banyak produsen susu sapi yang memproduksi susu jenis ini untuk 1 tahun ke atas. Kenapa bisa begitu? Karena kasus anak alergi ini tergolong tidak banyak ya moms, dan harganya tidak murah juga jadi mungkin mereka tidak mau ambil resiko. Dan satu alasan penting lagi kenapa saya memilih susu ini adalah, karena susu jenis ini merupakan terapi bagi tubuh adek agar dia toleran terhadap protein susu sapi apabila dikonsumsi selama 6 bulan berturut-turut. Kalau moms coba browsing di internet dan baca judulnya ada di keterangan kemasannya. Jadi target utama saya pada waktu itu adalah adek toleran dlu, saya tidak sekedar fokus mengejar kenaikan berat badan tapi penyembuhan terhadap alerginya. Perlu diingat ya moms susu ini bukan merupakan susu tinggi kalori. Susu ini tidak dijual di semua apotek, di Jogja sendiri pengalaman saya hanya ada di K24 susu dan Apotek UGM, dan tidak setiap saat ada, jadi kadang memang gak ada moms, kalau pas ada biasanya saya beli beberapa kaleng sekaligus, plus kalau ada duitnya, hehe secara mahal banget.

 

Nutrimigen LGG

susu alergi susu sapi


Susu ini juga merupakan susu terhidrolisa sempurna dimana diperuntukkan untuk bayi di bawah 1 tahun. Harganya? Harganya 350 ribuan 1 kalengnya yaitu 400 gram, seperti yang sudah saya sebutkan di atas, lumayan untuk menguras kantong jika adek mengonsumsi susu ini. Saya tidak bisa memberikan review yang banyak tentang susu ini karena, saya belum pernah mencoba memberikan untuk adek. Selain karena harganya juga keberadaannya sulit dicari, namun dari segi fungsinya mungkin tidak jauh beda dengan susu sebelumnya, atau malah lebih baik karena harganya yang cukup terpaut banyak. Biasanya ada harga ada rupa.. hehe

 

Nah kenapa saya hanya menuliskan 2 merk di atas untuk susu jenis ini, karena 2 merk ini rekomendasi dari dokter anak saya  dan untuk merk lainnya saya belum pernah mencoba.

 

Susu dari Formula Asam Amino

Formula asam amino (AFF) merupakan formula yang mengandung asam amino bebas (bentuk paling sederhana dari protein). Asam amino sendiri adalah senyawa organis yang bergabung menjadi protein. Dengan kata lain, protein dalam makanan, dalam hal ini susu sapi, mengalami proses penguaian sedemikian rupa dan hasil penguraiannya adalah asam amino. Karena telah diuraikan menjadi bentuk yang paling sederhana dari protein, maka susu AFF ini sangat aman bagi anak dengan alergi susu sapi, karena proteinnya tidak dikenal oleh tubuh sebagai suatu zat yang berbahaya. Susu AFF ini biasanya diperuntukkan bagi anak dengan alergi susu sapi yang tergolong berat dan lebih aman dari susu terhidrolisa ekstensif/ terhidrolisa sempurna. Bahkan bisa dibilang paling aman bagi pencernaan anak. Berikut beberapa merk susu formula asam amino untuk anak alergi:


Neocate LCP

susu alergi susu sapi


Neocate LCP merupakan susu formula asam amino yang diperuntukkan untuk anak dibawah 1 tahun. Jangan dibayangkan rasany manis dan enak ya moms, karena rata-rata susu alergi rasanya tidak enak dan cenderung pahit seperti obat. Harga susu ini cukup mahal berkisar anatara 300 hingga 400an ribu. Untuk susu ini saya belum pernah mencobakan untuk anak saya sehinga tidak banyak review yang bisa saya berikan.

 

Neocate Junior

susu alergi susu sapi


Susu ini diperuntukkan untuk anak 1 sampai 12 tahun. Untuk anak saya, saya pernah mencobakan susu ini, namun sayang tidak cocok untuk anak saya karena mengakibatkan sembelit. Padahal sebenarnya kalori yang terkandung dalam susu ini cukup lumayan lebih tinggi dari susu yang lain yaitu 1/ 1ml. Untuk rasanya lebih condong ke pahit seperti obat moms sehingga pemberian secara oral agak sulit dan biasanya dokter akan merekomendasikan penggunaan NGT selama mengonsumsi susu ini. Untuk harganya lumayan mahal ya moms yaitu berkisar 285 ribu ke atas. Biasanya dijual di apotek khusus seperti k24 susu atau kimia farma.

 

Selain susu-susu di atas sebenarnya masih ada banyak merk susu dan jenis susu yang dikhususkan untuk anak alergi protein susu sapi, seperti puramino, atau susu jenis terhidrolisa parsial dimana susu jenis ini proteinnya dipecah namun tidak sekecil terhidrolisa ekstensif, atau bisa digunakan untuk anak alergi dengan kategori alergi ringan. Walaupun terhidrolisa parsial namun rasa susu jenis ini masih cenderung pahit walaupun tidak sepahit susu terhidrolisa ekstensif. Penggunaan susu-susu di atas harus dengan rekomendasi dokter ya moms, jadi kalau ingin memilih susu apa lebih baik dikonsultasikan dulu terhadap dokter anak, karenan nantinya kita akan diberikan takaran berapa mililiter susu yang harus diberikan pada anak kita tergantung dengan kondisi anak. Sekian sharing saya tentang susu untuk anak alergi semoga bermanfaat dan sehat selalu untuk ana-anak kita…

 

No comments:

Terimakasih atas komentar dan kunjungannya

Powered by Blogger.