Download Aksi Nyata P5 Tema Bangunlah Jiwa dan Raganya

Download Aksi Nyata P5 Tema Bangunlah Jiwa dan Raganya


Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau yang disingkat dengan P5 dalam kurikulum merdeka merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter siswa.

P5 disusun berdasara Standar Kompetensi Lulusan, dalam implementasinya P5 dilaksanakan secara fleksibel dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaannya tergantung dengan kebijakan guru dan sekolah. P5 terdiri dari beberapa tema, di tingkat SMA/ SMK sendiri ada 9 tema dengan 2 tema wajib dan 7 tema pilihan. Salah satu tema pilihan yang akan dibahas kali ini adalah Bangunlah Jiwa dan Raganya.

Project pada tema ini adalah “Cegah Perundungan Dunia Maya” yang bertujuan untuk melatih kesehatan fisik dan mental secara berkelanjutan, project dengan metode pembelajaran yang aktif dan berpusat pada murid ini diharapkan menjadi perangkat yang menawarkan titik temu kolaborasi dan mengidentifikasi pihak terkait untuk penyelesaian permasalahan perundungan dunia maya di sekitar mereka. Melalui projek ini, murid pada akhirnya diharapkan telah  mengembangkan secara spesifik tiga dimensi Profil Pelajar  Pancasila, yakni Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,  dan berakhlak mulia, gotong royong dan mandiri.


Baca Juga

Tahapan Project

Ada 4 tahapan yang dirancang dalam tema ini yakni:

  1. Tahapan Pengenalan “Perundungan Dunia Maya” terdiri dari 4 sub tema yakni kenali perundungan dunia maya, luaskan wawasan an perdalam pemahamanmu, jika aku menjadi kamu, dan Aku belajar dari kamu (pembicara tamu)
  2. Tahapan Konstekstualisasi “Analisis dan Presentasi” terdiri dari 4 sub tema yakni Temukan Perundungan di sekolah, lihatlah sekitarmu, apakah aku seorang perundung?, apakah aku seorang korban?
  3. Tahapan Aksi “Poster, Praktik pencegahan, pementasan darama” terdiri dari 5 sub tema yakni latih dirimu, proses persiapan pementasan drama, proses persiapan (pembuatan poster), proses latihan, dan pelaksanaan pementasan drama.
  4. Tahapan Refleksi “Apa yang kudapat? Bagaimana aku menolong orang lain?” yang terdiri dari 2 sub tema yakni seberapa jauh aku melangkah? Dan tindak lanjut (menjadi upstanders)

Dengan rancangan Asessmen berupa Formatif yang terdiri dari tugas mandiri, diskusi kelompok, persiapan drama dan Sumatif yaitu proses pementasan drama dengan instrumen asesmen berupa rubrik penialaian pribadi, rubrik sumatif dan rubrik profil pelajar. Berikut merupakan rancanganimplementasi pada tema Bangunlah Jiwa dan raganya yang tersusun atas sub tema, dimensi, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan alokasi waktu.


No comments:

Terimakasih atas komentar dan kunjungannya

Powered by Blogger.