Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila
atau yang disingkat dengan P5 dalam kurikulum merdeka merupakan kegiatan
kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian
kompetensi dan karakter siswa.
P5 disusun berdasara Standar Kompetensi
Lulusan, dalam implementasinya P5 dilaksanakan secara fleksibel dari segi
muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaannya tergantung dengan kebijakan guru dan
sekolah. P5 terdiri dari beberapa tema, di tingkat SMA/ SMK sendiri ada 9 tema
dengan 2 tema wajib dan 7 tema pilihan. Salah satu tema pilihan yang akan
dibahas kali ini adalah Bangunlah Jiwa dan Raganya.
Project pada tema ini adalah “Cegah
Perundungan Dunia Maya” yang bertujuan untuk melatih kesehatan fisik dan mental
secara berkelanjutan, project dengan metode pembelajaran yang aktif dan
berpusat pada murid ini diharapkan menjadi perangkat yang menawarkan titik temu
kolaborasi dan mengidentifikasi pihak terkait untuk penyelesaian permasalahan
perundungan dunia maya di sekitar mereka. Melalui projek ini, murid pada
akhirnya diharapkan telah mengembangkan
secara spesifik tiga dimensi Profil Pelajar
Pancasila, yakni Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, gotong royong dan
mandiri.
Baca Juga
Tahapan Project
Ada 4 tahapan yang dirancang dalam tema ini yakni:
- Tahapan Pengenalan “Perundungan Dunia Maya” terdiri dari 4 sub tema yakni kenali perundungan dunia maya, luaskan wawasan an perdalam pemahamanmu, jika aku menjadi kamu, dan Aku belajar dari kamu (pembicara tamu)
- Tahapan Konstekstualisasi “Analisis dan Presentasi” terdiri dari 4 sub tema yakni Temukan Perundungan di sekolah, lihatlah sekitarmu, apakah aku seorang perundung?, apakah aku seorang korban?
- Tahapan Aksi “Poster, Praktik pencegahan, pementasan darama” terdiri dari 5 sub tema yakni latih dirimu, proses persiapan pementasan drama, proses persiapan (pembuatan poster), proses latihan, dan pelaksanaan pementasan drama.
- Tahapan Refleksi “Apa yang kudapat? Bagaimana aku menolong orang lain?” yang terdiri dari 2 sub tema yakni seberapa jauh aku melangkah? Dan tindak lanjut (menjadi upstanders)
Dengan rancangan Asessmen berupa Formatif yang terdiri dari tugas mandiri, diskusi kelompok, persiapan drama dan Sumatif yaitu proses pementasan drama dengan instrumen asesmen berupa rubrik penialaian pribadi, rubrik sumatif dan rubrik profil pelajar. Berikut merupakan rancanganimplementasi pada tema Bangunlah Jiwa dan raganya yang tersusun atas sub tema, dimensi, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan alokasi waktu.
No comments:
Terimakasih atas komentar dan kunjungannya