Capaian pembelajaran Desain Komunikasi Visual Fase F Kurikulum Merdeka


Capaian Pembelajaran

Kurikulum Merdeka Belajar adalah sebuah konsep pendidikan yang diperkenalkan di Indonesia oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada tahun 2020. Tujuan utama dari Kurikulum Merdeka Belajar adalah mengembangkan sistem pendidikan yang lebih inklusif, fleksibel, dan adaptif, sehingga siswa dapat mengembangkan potensi mereka secara holistik dan mandiri.

Dalam Kurikulum Merdeka Belajar, siswa memiliki peran yang lebih aktif dalam menentukan jalannya proses belajar. Guru berperan sebagai fasilitator, mengarahkan siswa dalam eksplorasi dan penemuan pengetahuan. Teknologi juga dimanfaatkan secara luas untuk mendukung proses belajar, seperti melalui pembelajaran daring dan sumber daya digital lainnya.

Dalam pelaksanaan kurikulum merdeka terdapat beberapa perbedaan administrasi mengajar yang harus disiapkan oleh guru, salh satunya adalah adanya Capaian Pembelajaran atau yang di dalam kurikulum 2013 disebut dengan kompetensi dasar.

Capaian pembelajaran mengacu pada keterampilan, pengetahuan, dan pemahaman yang diharapkan dicapai oleh peserta didik dalam suatu kurikulum atau program pembelajaran. Capaian pembelajaran dirancang untuk menggambarkan apa yang diharapkan peserta didik ketahui, mengerti, dan mampu lakukan setelah menyelesaikan suatu kursus atau program pendidikan.

Capaian pembelajaran biasanya disusun dalam bentuk tujuan pembelajaran yang jelas dan dapat diukur. Mereka menggambarkan hasil yang diinginkan dan menjelaskan apa yang diharapkan peserta didik capai. Misalnya, dalam konteks pendidikan tinggi, capaian pembelajaran dapat berhubungan dengan kemampuan mengaplikasikan pengetahuan dalam situasi nyata, kemampuan analisis kritis, kemampuan berkomunikasi secara efektif, atau kemampuan berkolaborasi dalam tim.

Penting untuk menetapkan capaian pembelajaran yang terukur dan realistis agar dapat melakukan evaluasi yang efektif terhadap kemajuan peserta didik. Dengan demikian, capaian pembelajaran membantu memastikan bahwa tujuan pendidikan tercapai dan memberikan panduan bagi pengajar dan peserta didik selama proses pembelajaran.

 

Capaian Pembelajaran Program Keahlian DKV

Berikut merupakan capaian pembelajaran pada program keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV) pada fase F (kelas XI dan XII) yang dapat teman-teman kembangkan dengan masukan DUDIKA pada saat sinkronisasi kurikulum.

 

Capaian Umum

Pada akhir fase F, peserta didik memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam merancang visual suatu proyek desain komunikasi visual melalui metode perancangan secara sistematis serta mengoperasikan aplikasi komputer desain yang sesuai kebutuhan, meliputi: desain cetak (print design), perancangan identitas (identity design), fotografi dan videografi, desain grafis lingkungan (environmental graphic design), desain antarmuka (User Interface-User Experience) website dan aplikasi, desain gerak (motion graphic), seni sekuensial (sequential art), dan lainnya yang terkait.

 

 

Capaian per Elemen

Prinsip Dasar Desain dan Komunikasi

Pada fase F, peserta didik mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip dalam merancang visual, di antaranya: unity (kesatuan), balance (keseimbangan), composition (komposisi), proportion (proporsi), rhythm (irama), emphasis (penekanan), simplicity (kesederhanaan), clarity (kejelasan), space (ruang). Peserta didik mampu memahami dan menerapkan peran komunikator, komunikan dan media komunikasi dalam perancangan komunikasi visual, melakukan pembiasaan kerja sesuai Prosedur Opersional Standar (POS).

 

Perangkat Lunak Desain

Pada fase F, peserta didik mampu mengoperasikan perangkat lunak yang dibutuhkan dalam lingkup Desain Komunikasi Visual, melakukan pembiasaan kerja sesuai SOP. Perangkat lunak yang digunakan disesuaikan dengan sub konsentrasi keahlian (peminatan) dalam lingkup Desain Komunikasi Visual: Print Design/Image Editing/Digital Imaging/Vektor/ Video Editing/Motion Graphic/ Desktop Publishing/ Web & App Design/UI-UX Design/3D Software/dan lainnya yang terkait.

 

Menerapkan Design Brief

Pada fase F, peserta didik mampu menerima, membaca, memahami, dan melaksanakan perintah melalui panduan tertulis (brief) untuk merancang visual secara tepat dalam suatu proyek desain yang diberikan oleh pemberi tugas. Panduan/acuan tersebut meliputi: latar belakang proyek, tujuan/ obyektif yang ingin dicapai, ruang lingkup pekerjaan, khalayak sasaran yang dituju, media yang digunakan, strategi kreatif dan konsep perancangan, tenggat waktu penyelesaian pekerjaan, para pihak yang terlibat dan peranannya dalam pekerjaan. Peserta didik mampu melakukan pembiasaan sesuai POS, mampu berkolaborasi dan komunikasi dengan tim maupun pihak terkait.

 

Karya Desain

Pada fase F, peserta didik mampu dalam merancang visual secara sistematis mulai dari pemahaman terhadap permasalahan, diskusi pencarian ide (brainstorming), pengembangan alternatif, hingga menjadi karya akhir. Proses tersebut dapat menggunakan metode design thinking maupun metode lainnya.

Peserta didik mampu melakukan pembiasaan sesuai POS, mampu berkolaborasi dan komunikasi dengan tim maupun pihak terkait. Karya desain yang dihasilkan disesuaikan dengan sub konsentrasi keahlian (peminatan) dalam lingkup Desain Komunikasi Visual: Print Design/ Videografi/ Fotografi/Tipografi/ Typeface Design/Story Boarding/Ilustrasi/ Sequential Art/Motion Graphic/Web & App Design/UI-UX Design/ Concept Art/Motion Graphic Design/ Environmental Graphic Design/dan lainnya yang terkait.

 

Proses Produksi Desain

Pada fase F, peserta didik mampu menerapkan dan mengelola proses produksi desain dimulai dari pra produksi, produksi dan pasca produksi sesuai dengan konsentrasi keahlian dalam lingkup Desain Komunikasi Visual.

Peserta didik mampu melakukan pembiasaan sesuai POS, mampu berkolaborasi dan komunikasi dengan tim maupun pihak terkait. Proses produksi desain disesuaikan dengan sub konsentrasi keahlian (peminatan) dalam lingkup Desain Komunikasi Visual: Print Design/Videografi/Fotografi/Tipografi/ Typeface Design/Story Boarding/Ilustrasi/ Sequential Art/Motion Graphic/Web & App Design/UI-UX Design/Concept Art/Motion Graphic Design/Environmental Graphic Design/ dan lainnya yang terkait.


Itu tadi informasi Capaian Pembelajaran Program Keahlian DKV, semoga bermanfaat. 



No comments:

Terimakasih atas komentar dan kunjungannya

Powered by Blogger.