Pengertian
Struktur kurikulum merupakan konseptualisasi konten
kurikulum dalam bentuk mata pelajaran, bagaimana posisi konten/ mata pelajaran
dalam kurikulum, bagaimana distribusi konten/ mata pelajaran dalam semester
atau tahun pelajaran, beban belajar siswa setiap minggunya.
Struktur kurikulum pada dibagi menjadi 2 bagian utama, yakni
kelompok Mata Pelajaran Umum (A) dan kelompok Mata Pelajaran Kejuruan (B).
Kelompok mata pelajaran umum (A) merupakan kelompok mata pelajaran yang
berfungsi membentuk murid menjadi pribadi yang berkembang sesuai fasenya
berkaitan dengan norma kehidupan, baik beragama, social, dan bernegara.
Sedangkan kelompok mata pelajaran Kejuruan (B) merupakan kelompok mata pelajaran
yang disiapkan untuk membentuk siswa yang kompeten sesuai kebutuhan dengan
dunia kerja,memiliki ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya.
Mata Pelajaran
- Mata Pelajaran yang ada pada kurikulum merdeka diantaranya:
- Informatika berisi berbagai kompetisi untuk menunjang keterampilan berpikir kritis dan sistematis guna menyelesaikan beragam permasalahan umum
- Proyek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial berisi muatan tentang literasi ilmu pengetahuan alam dan social yang diformulasikan dalam tema-tema kehiduaoan yang kontekstual dan actual
- Mata Pelajaran Kejuruan di kelas 10 merupakan mata pelajaran dasar-dasar Program Keahlian
- Pada program 3 tahun, mata pelajaran kejuruan yang dipelajari di kelas 11-12 merupakan mata pelajaran dalam konsentrasi keahlian tertentu
- Pada program 4 tahun, mata pelajaran kejuruan yang dipelajari di kelas 11-13 merupakan mata pelajaran dalam konsentrasi keahlian tertentu
- Mata Pelajaran Kejuruan berisi elemen-elemen pembelajaran minimum dan dapat ditambah oleh satuan Pendidikan Bersama mitra dunia kerja sesuai kebutuhan dunia kerja
- Mata Pelajaran Projek Kreatif dan Kewirausahaan merupakan wahan pembelajaran bagi murid melalui pendekatan pembelajaran berbasis projek untuk mengaktualisasikan dan mengekspresikan kompetensi yang dikuasai pada kegiatan pembuatan produk/ pekerjaan layanan jasa secara kreatif dan bernilai ekonomis
- Pada program 3 tahun, Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan mata pelajaran yang dilaksanakan secara blok dan direncanakan pelaksanaannya di kelas 12 selama 6 bulan, atau 18 minggu, dengan asumsi 46 JP per minggu.
- Pada program 4 tahun, Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan mata pelajaran yang dilaksanakan secara blok dan direncanakan pelaksanaannya di kelas 13 selama 10 bulan, atau 27-28 minggu, dengan asumsi 46 JP per minggu.
- Mata pelajaran PKL merupakan wahana pembelajaran di dunia kerja untuk memberikan kesempatan kepada murid untuk meningkatkan penguasaan kompeensi teknis sesuai dengan konsentrasi keahliannya, serta menginternalisasi karakter dan budaya kerja.
- Mata Pelajaran Pilihan merupakan mata pelajaran yang dipilih oleh murid berdasarkan passion untuk pengembangan diri, baik untuk berwirausaha, bekerja pada bidangnya, maupun melanjutkan Pendidikan. Contoh: Mata pelajaran Bahasa Asing selain Bahasa Inggris, Matematika, IPA, IPS, atau mata pelajaran kejuruan lain di luar konsentrasi keahliannya.
- Pelaksanaan mata pelajaran pilihan diatur lebih lanjut oleh pimpinan unit utama yang membidangi kurikulum, asesmen, dan perbukuan.
- Satuan Pendidikan dan/ atau pemerintah daerah dapat menambahkan muatan tambahan sesuai kebutuhan peserta didik, dunia kerja, dan karakteristik satuan Pendidikan dan / atau daerah secara fleksibel.
Struktur Kurikulum
Berikut merupakan alokasi waktu mata pelajaran SMK/ MAK
Kelas 10
Asumsi 1 tahun =36 minggu dan 1 JP= 45 menit
Keterangan:
- * = diikuti murid sesuai agama masing-masing
- ** = Satuan pendidikan menyediakan minimum 1 jenis seni (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, dan/atau Seni Tari). Murid memilih salah satu.
- *** = paling banyak 2 JP per minggu atau 72 JP per tahun
- **** = proporsi JP antara aspek kilmu Pengetahuan Alam dan aspekk Ilmu Pengetahuan Sosial disesuaikan dengan kebutuhan Program Keahlian
- ***** = Total JP tidak termasuk mata pelajaran Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan Pendidikan
Analisis Kurikulum Berdasarkan Panduan
Pada kurikulum merdeka , struktur kurikulum SMA/ MAk terbagi
menjadi 2 (dua), yaitu:
- Pembelajaran intrakurikuler, dan
- Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang dialokasilan dari total JP mata pelajaran pilihan per tahun.
Pembelajaran intrakurikuler di SMK/ MAK pun terbagi menjadi
2 (dua), yaitu kelompok mata pelajaran umum dan kejuruan.
Berikut merupakan rangkuman dari panduan struktur kurikulum
yang ada, yang menunjukkan mata pelajaran dan alokasi waktu pembelajaran tiap
minggunya.
Mata Pelajaran |
Alokasi Waktu Kelas X (JP) |
Alokasi Waktu Kelas XI (JP) |
Alokasi Waktu Kelas XII (JP) |
|||
Intrakurikuler |
P5 |
Intrakurikuler |
P5 |
Intrakurikuler |
P5 |
|
A.
Kelompok Mata Pelajaran Umum |
|
|
|
|
|
|
Pendidikan
Agama dan Budi Pekerti |
2.5 |
0.5 |
2.5 |
0.5 |
2 | 1 |
Pendidikan
Pancasila |
1.5 |
0.5 |
1.5 |
0.5 |
2 |
- |
Bahasa
Indonesia |
3 |
1 |
2.5 |
0.5 |
2 |
1 |
Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
2.5 |
0.5 |
1.5 |
0.5 |
- |
- |
Sejarah |
1.5 |
0.5 |
1.5 |
0.5 |
- |
- |
Seni Budaya |
1.5 |
0.5 |
- |
- |
- |
- |
Muatan Lokal
** |
2 |
- |
2 |
- |
2 |
- |
Jumlah JP
Mata Pelajaran Umum (A) |
14.5 |
3.5 |
11.5 |
2.5 |
8 |
2 |
B.
Kelompok Mata Pelajaran kejuruan |
|
|
|
|
|
|
Matematika |
3 |
1 |
2.5 |
0.5 |
3 |
- |
Bahasa
Inggris |
3 |
1 |
3 |
1 |
4 |
- |
Informatika |
3 |
1 |
- |
- |
- |
- |
Projek Ilmu Pengetahuan
Alam dan Sosial **** |
4.5 |
1.5 |
- |
- |
- |
- |
Dasar-dasar
Program Keahlian |
12 |
- |
- |
- |
- |
- |
Konsentrasi
keahlian *** |
- |
- |
18 |
- |
22 |
- |
Produk
Kreatif dan Kewirausahaan |
- |
- |
5 |
- |
5 |
- |
Mata
Pelajaran Pilihan |
- |
- |
4 |
- |
6 |
- |
PKL |
- |
- |
- |
- |
44 |
- |
Jumlah JP
Mata Pelajaran Kejuruan (B) |
25.5 |
4.5 |
32.5 |
1.5 |
40 |
- |
Jumlah JP
Mata Pelajaran A dan B |
48 |
48 |
50 |
No comments:
Terimakasih atas komentar dan kunjungannya