Struktur Kurikulum Merdeka untuk SMK/ MAK



Pengertian

Struktur kurikulum merupakan konseptualisasi konten kurikulum dalam bentuk mata pelajaran, bagaimana posisi konten/ mata pelajaran dalam kurikulum, bagaimana distribusi konten/ mata pelajaran dalam semester atau tahun pelajaran, beban belajar siswa setiap minggunya.

Struktur kurikulum pada dibagi menjadi 2 bagian utama, yakni kelompok Mata Pelajaran Umum (A) dan kelompok Mata Pelajaran Kejuruan (B). Kelompok mata pelajaran umum (A) merupakan kelompok mata pelajaran yang berfungsi membentuk murid menjadi pribadi yang berkembang sesuai fasenya berkaitan dengan norma kehidupan, baik beragama, social, dan bernegara. Sedangkan kelompok mata pelajaran Kejuruan (B) merupakan kelompok mata pelajaran yang disiapkan untuk membentuk siswa yang kompeten sesuai kebutuhan dengan dunia kerja,memiliki ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya.

 

Mata Pelajaran

Mata pelajaran pada kurikulum merdeka diataur sebagai berikut: 

  1. Mata Pelajaran yang ada pada kurikulum merdeka diantaranya:
  2. Informatika berisi berbagai kompetisi untuk menunjang keterampilan berpikir kritis dan sistematis guna menyelesaikan beragam permasalahan umum
  3. Proyek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial berisi muatan tentang literasi ilmu pengetahuan alam dan social yang diformulasikan dalam tema-tema kehiduaoan yang kontekstual dan actual
  4. Mata Pelajaran Kejuruan di kelas 10 merupakan mata pelajaran dasar-dasar Program Keahlian
  5. Pada program 3 tahun, mata pelajaran kejuruan yang dipelajari di kelas 11-12 merupakan mata pelajaran dalam konsentrasi keahlian tertentu
  6. Pada program 4 tahun, mata pelajaran kejuruan yang dipelajari di kelas 11-13 merupakan mata pelajaran dalam konsentrasi keahlian tertentu
  7. Mata Pelajaran Kejuruan berisi elemen-elemen pembelajaran minimum dan dapat ditambah oleh satuan Pendidikan Bersama mitra dunia kerja sesuai kebutuhan dunia kerja
  8. Mata Pelajaran Projek Kreatif dan Kewirausahaan merupakan wahan pembelajaran bagi murid melalui pendekatan pembelajaran berbasis projek untuk mengaktualisasikan dan mengekspresikan kompetensi yang dikuasai pada kegiatan pembuatan produk/ pekerjaan layanan jasa secara kreatif dan bernilai ekonomis
  9. Pada program 3 tahun, Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan mata pelajaran yang dilaksanakan secara blok dan direncanakan pelaksanaannya di kelas 12 selama 6 bulan, atau 18 minggu, dengan asumsi 46 JP per minggu.
  10. Pada program 4 tahun, Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan mata pelajaran yang dilaksanakan secara blok dan direncanakan pelaksanaannya di kelas 13 selama 10 bulan, atau 27-28 minggu, dengan asumsi 46 JP per minggu.
  11. Mata pelajaran PKL merupakan wahana pembelajaran di dunia kerja untuk memberikan kesempatan kepada murid untuk meningkatkan penguasaan kompeensi teknis sesuai dengan konsentrasi keahliannya, serta menginternalisasi karakter dan budaya kerja.
  12. Mata Pelajaran Pilihan merupakan mata pelajaran yang dipilih oleh murid berdasarkan passion untuk pengembangan diri, baik untuk berwirausaha, bekerja pada bidangnya, maupun melanjutkan Pendidikan. Contoh: Mata pelajaran Bahasa Asing selain Bahasa Inggris, Matematika, IPA, IPS, atau mata pelajaran kejuruan lain di luar konsentrasi keahliannya.
  13. Pelaksanaan mata pelajaran pilihan diatur lebih lanjut oleh pimpinan unit utama yang membidangi kurikulum, asesmen, dan perbukuan.
  14. Satuan Pendidikan dan/ atau pemerintah daerah dapat menambahkan muatan tambahan sesuai kebutuhan peserta didik, dunia kerja, dan karakteristik satuan Pendidikan dan / atau daerah secara fleksibel.

 

Struktur Kurikulum

Berikut merupakan alokasi waktu mata pelajaran SMK/ MAK Kelas 10

Asumsi 1 tahun =36 minggu dan 1 JP= 45 menit




Keterangan:

  • *     = diikuti murid sesuai agama masing-masing
  • **   = Satuan pendidikan menyediakan minimum 1 jenis seni (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, dan/atau Seni Tari). Murid memilih salah satu.
  • ***  = paling banyak 2 JP per minggu atau 72 JP per tahun
  • **** = proporsi JP antara aspek kilmu Pengetahuan Alam dan aspekk Ilmu Pengetahuan Sosial disesuaikan dengan kebutuhan Program Keahlian
  • *****           = Total JP tidak termasuk mata pelajaran Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan Pendidikan


Analisis Kurikulum Berdasarkan  Panduan

Pada kurikulum merdeka , struktur kurikulum SMA/ MAk terbagi menjadi 2 (dua), yaitu:

  1. Pembelajaran intrakurikuler, dan
  2. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang dialokasilan dari total JP mata pelajaran pilihan per tahun.

Pembelajaran intrakurikuler di SMK/ MAK pun terbagi menjadi 2 (dua), yaitu kelompok mata pelajaran umum dan kejuruan.

Berikut merupakan rangkuman dari panduan struktur kurikulum yang ada, yang menunjukkan mata pelajaran dan alokasi waktu pembelajaran tiap minggunya.

Mata Pelajaran

Alokasi Waktu

Kelas X (JP)

Alokasi Waktu

Kelas XI (JP)

Alokasi Waktu

Kelas XII (JP)

Intrakurikuler

P5

Intrakurikuler

P5

Intrakurikuler

P5

A.   Kelompok Mata Pelajaran Umum

 

 

 

 

 

 

Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

2.5

0.5

2.5

0.5

2    

1

Pendidikan Pancasila

1.5

0.5

1.5

0.5

2

-

Bahasa Indonesia

3

1

2.5

0.5

2

1

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

2.5

0.5

1.5

0.5

-

-

Sejarah

1.5

0.5

1.5

0.5

-

-

Seni Budaya

1.5

0.5

-

-

-

-

Muatan Lokal **

2

-

2

-

2

-

Jumlah JP Mata Pelajaran Umum (A)

14.5

3.5

11.5

2.5

8

2

B.   Kelompok Mata Pelajaran kejuruan

 

 

 

 

 

 

Matematika

3

1

2.5

0.5

3

-

Bahasa Inggris

3

1

3

1

4

-

Informatika

3

1

-

-

-

-

Projek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial ****

4.5

1.5

-

-

-

-

Dasar-dasar Program Keahlian

12

-

-

-

-

-

Konsentrasi keahlian ***

-

-

18

-

22

-

Produk Kreatif dan Kewirausahaan

-

-

5

-

5

-

Mata Pelajaran Pilihan

-

-

4

-

6

-

PKL

-

-

-

-

44

-

Jumlah JP Mata Pelajaran Kejuruan (B)

25.5

4.5

32.5

1.5

40

-

Jumlah JP Mata Pelajaran A dan B

48

48

50


No comments:

Terimakasih atas komentar dan kunjungannya

Powered by Blogger.