Assalamualaikum
warahmatullahi wabarakatuh
Yang pertama
yaitu Kompetensi Dasar Kurikulum 2013, pada kurikulum baru /kurikulum SMK PK
kita menggunakan Capaian Pembelajaran atau CP. Kemudian pada kurikulum 2013
kita menggunakan RPP maka di kurikulum SMK PK kita menggunakan modul ajar. Kemudian
di Kurikulum 2013 menggunakan silabus, di kurikulum SMK PK kita menggunakan
alur tujuan pembelajaran atau ATP
Pada kesempatan
ini saya akan berbagi identifikasi capaian pembelajaran untuk mata pelajaran Dasar
Desain Komunikasi Visual kelas 10 SMK . Pada capaian pembelajaran Dasar DKV
elemen-elemen yang akan dibahas berjumlah 8 elemen yaitu:
1.
Profil teknopreneur peluang
usaha dan pekerjaan atau profesi bidang desain komunikasi visual
2.
Proses bisnis berbagai industri
di bidang Desain Komunikasi Visual
3. Perkembangan teknologi di
industri dan dunia kerja serta isu-isu Global pada bidang Desain Komunikasi
Visual
4.
Teknik dasar proses produksi
pada industri Desain Komunikasi Visual
5.
Sketsa dan ilustrasi
6.
Komposisi tipografi
7.
Fotografi dasar
8.
Komputer grafis
teman-teman atau
Bapak Ibu semuanya dari ke-8 elemen ini kita diberikan hak atau kebebasan untuk
membagi jumlah elemen ini. Berapa elemen yang akan kita ajarkan Di semester 1
dan berapa elemen yang akan diajarkan di semester 2. Pada dokumen yang saya
buat, Saya membagi elemen untuk semester 1 dan 2, untuk semester 1 saya akan
mengajarkan lima elemen yaitu mulai dari profil teknopreneur, peluang usaha dan
pekerjaan atau profesi bidang DKV sampai dengan sketsa dan ilustrasi.
Kemudian di
semester kedua saya akan mengajarkan komposisi tipografi, fotografi dasar, dan
komputer grafis. Kenapa Saya membagi elemen ini semester 1 sebanyak 5 elemen
kemudian di semester kedua tiga elemen? karena pada semester kedua ini
materi-materi atau elemen-elemen yang ajarkan ini adalah kebanyakan materi atau
praktek materi praktek sehingga mungkin nanti saya akan memerlukan waktu yang
lebih banyak daripada mata pelajaran atau elemen yang ada di semester 1. Untuk
elemen semester 1, saya amati sebagian
besar materinya adalah teori sehingga saya membagi 5 elemen untuk semester 1 dan
3 elemen untuk semester kedua.
Teman-teman
tidak harus sama dalam membagi elemen ini, disesuaikan dengan kemampuan peserta didik dan
kondisi peserta didik di masing-masing sekolah. Teman-teman juga bisa membagi
empat elemen 4 elemen di setiap semesternya, karena di sini kita diberikan
kebebasan untuk membagi jumlah elemen yang ada yang nantinya kita ajarkan di
setiap semesternya dan elemen apa saja yang akan kita ajarkan di setiap
semesternya menurut panduan capaian pembelajaran yang diberikan oleh kementerian
pendidikan.
Berikut adalah
dokumen identifikasi capaian pembelajaran yang saya buat teman-teman bisa
mendownload serta mengecek pekerjaan yang telah saya share ini. Apabila ada
kekeliruan saya mohon koreksinya dan tinggalkan koreksi teman-teman di kolom
komentar. Terima kasih salam berbagi digital.
Wassalamualaikum
warahmatullahi wabarakatuh.
No comments:
Terimakasih atas komentar dan kunjungannya