Download Identifikasi Capaian Pembelajaran Dasar DKV SMK PK

 

Download Identifikasi Capaian Pembelajaran Dasar DKV SMK PK

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 Apa kabar teman-teman? Bertemu lagi di blog salam berbagi digital

 Teman-teman Hari ini saya akan mencoba untuk Sharing atau berbagi, mengenai administrasi guru untuk sekolah PK khususnya pada program keahlian Desain Komunikasi Visual. Seperti yang kita ketahui bahwa pada kurikulum SMK Pusat Keunggulan ini terjadi beberapa perbedaan administrasi guru yaitu salah satunya, jika di K13 kita menggunakan silabus kemudian ada juga RPP maka di SMK pusat keunggulan administrasi guru yang digunakan berbeda. Kita menggunakan Capaian Pembelajaran untuk patokan atau pedoman kompetensi dasarnya. Oh ya sebelumnya teman-teman saya akan membahas beberapa istilah baru yang ada di kurikulum SMK PK yang berbeda dengan kurikulum 2013.

Yang pertama yaitu Kompetensi Dasar Kurikulum 2013, pada kurikulum baru /kurikulum SMK PK kita menggunakan Capaian Pembelajaran atau CP. Kemudian pada kurikulum 2013 kita menggunakan RPP maka di kurikulum SMK PK kita menggunakan modul ajar. Kemudian di Kurikulum 2013 menggunakan silabus, di kurikulum SMK PK kita menggunakan alur tujuan pembelajaran atau ATP

Pada kesempatan ini saya akan berbagi identifikasi capaian pembelajaran untuk mata pelajaran Dasar Desain Komunikasi Visual kelas 10 SMK . Pada capaian pembelajaran Dasar DKV elemen-elemen yang akan dibahas berjumlah 8 elemen yaitu:

1.    Profil teknopreneur peluang usaha dan pekerjaan atau profesi bidang desain komunikasi visual

2.    Proses bisnis berbagai industri di bidang Desain Komunikasi Visual

3. Perkembangan teknologi di industri dan dunia kerja serta isu-isu Global pada bidang Desain Komunikasi Visual

4.    Teknik dasar proses produksi pada industri Desain Komunikasi Visual

5.    Sketsa dan ilustrasi

6.    Komposisi tipografi

7.    Fotografi dasar

8.    Komputer grafis

teman-teman atau Bapak Ibu semuanya dari ke-8 elemen ini kita diberikan hak atau kebebasan untuk membagi jumlah elemen ini. Berapa elemen yang akan kita ajarkan Di semester 1 dan berapa elemen yang akan diajarkan di semester 2. Pada dokumen yang saya buat, Saya membagi elemen untuk semester 1 dan 2, untuk semester 1 saya akan mengajarkan lima elemen yaitu mulai dari profil teknopreneur, peluang usaha dan pekerjaan atau profesi bidang DKV sampai dengan sketsa dan ilustrasi.

Baca Juga

Kemudian di semester kedua saya akan mengajarkan komposisi tipografi, fotografi dasar, dan komputer grafis. Kenapa Saya membagi elemen ini semester 1 sebanyak 5 elemen kemudian di semester kedua tiga elemen? karena pada semester kedua ini materi-materi atau elemen-elemen yang ajarkan ini adalah kebanyakan materi atau praktek materi praktek sehingga mungkin nanti saya akan memerlukan waktu yang lebih banyak daripada mata pelajaran atau elemen yang ada di semester 1. Untuk elemen semester 1,  saya amati sebagian besar materinya adalah teori sehingga saya membagi 5 elemen untuk semester 1 dan 3 elemen untuk semester kedua.

 

Download Identifikasi Capaian Pembelajaran Dasar DKV SMK PK

Teman-teman tidak harus sama dalam membagi elemen ini,  disesuaikan dengan kemampuan peserta didik dan kondisi peserta didik di masing-masing sekolah. Teman-teman juga bisa membagi empat elemen 4 elemen di setiap semesternya, karena di sini kita diberikan kebebasan untuk membagi jumlah elemen yang ada yang nantinya kita ajarkan di setiap semesternya dan elemen apa saja yang akan kita ajarkan di setiap semesternya menurut panduan capaian pembelajaran yang diberikan oleh kementerian pendidikan.

Berikut adalah dokumen identifikasi capaian pembelajaran yang saya buat teman-teman bisa mendownload serta mengecek pekerjaan yang telah saya share ini. Apabila ada kekeliruan saya mohon koreksinya dan tinggalkan koreksi teman-teman di kolom komentar. Terima kasih salam berbagi digital.


Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

No comments:

Terimakasih atas komentar dan kunjungannya

Powered by Blogger.