Download Rapot P5BK untuk SMK PK Excel

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 

Teman-teman bertemu lagi dengan saya untuk berbagi informasi apa yang saya ketahui dengan cara menulis di blog. Kali ini saya akan membahas rapot P5BK atau sesuatu hal yang baru bagi sekolah-sekolah tingkat SMK khususnya yang telah menerapkan kurikulum Sekolah Pusat Keunggulan atau SMK PK.

Sebelum kita membahas tentang rapotnya mungkin hal yang baru bagi teman-teman yang saat ini sedang memulai untuk mempersiapkan mengajar mata pelajaran P5BK di sekolahnya. Apa sih Tujuan dari Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja atau yang biasanya disingkat dengan P5BK. Tujuannya adalah yang pertama mempersiapkan peserta didik menjadi pelajar Indonesia yang merupakan belajar sepanjang Hayat yang berkompeten berkarakter dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila, yang kedua mempersiapkan peserta didik menjadi manusia unggul dan produktif di abad ke-21 agar peserta didik Indonesia diharapkan dapat berpartisipasi dalam pembangunan Global yang berkelanjutan, ketiga menghasilkan peserta didik yang mampu menjawab faktor internal yang berkaitan dengan jati diri Ideologi dan cita-cita bangsa dan juga faktor eksternal yang merupakan konteks kehidupan serta tantangan bangsa Indonesia pada abad ke-21 serta menghadapi masa revolusi industri 4.0,  yang keempat mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang utuh membutuhkan berkembangnya 6 dimensi secara bersamaan atau tidak parsial, enam dimensi tersebut adalah beriman bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan Global, bergotong-royong, Mandiri, bernalar kritis dan kreatif. Tujuan yang kelima yaitu menumbuhkembangkan kemampuan kognitif, tetapi juga sikap dan perilaku sesuai jati diri sebagai bangsa Indonesia sekaligus warga Global atau warga dunia 

Baca Juga

Dalam pelajaran P5BK ini terbagi menjadi 9 tema yaitu, ada beberapa tema wajib . Ada dua tema wajib yaitu tema kebekerjaan dan tema budaya kerja dan 7 tema lainnya merupakan tema pilihan. Sepanjang pengetahuan Saya dari hasil Bimtek P5BK secara daring beberapa waktu yang lalu,  bahwa di tahun pertama kita atau sekolah wajib melaksanakan tiga tema yaitu dua tema wajib dan satu tema pilihan. Dua tema wajib ini yang tadi saya sebutkan yaitu Kebekerjaan dan budaya kerja nantinya akan dilanjutkan di kelas 11 dan kelas 12 sehingga pada pelaksanaannya di sekolah saya sendiri kami mengambil beberapa kegiatan saja untuk kedua tema wajib itu. 

Sebagai contoh pada tema Kebekerjaan kami hanya melaksanakan tiga kegiatan yaitu kegiatan membangun impian peserta didik SMK, kemudian kegiatan yang kedua adalah Bekali diri literasi digital,  kegiatan eksplorasi potensi lokal. Demikian pula untuk satu tema wajib lainnya kami hanya memilih 3 atau 4 kegiatan pada tema tersebut karena kegiatan yang lainnya nanti akan dilaksanakan di kelas 11. Sedangkan untuk tema pilihannya, di sekolah saya sendiri kami memilih tema bangun jiwa dan raganya untuk tema pilihan ini kalau tidak salah diselesaikan dalam 1 tahun. Sehingga nanti di kelas 11, sekolah bapak ibu atau sekolah teman-teman dapat memilih tema lainnya untuk diajarkan dalam mata pelajaran P5BK.

Nah karena ini merupakan hal yang baru, maka penilaiannya pun juga merupakan sesuatu hal yang baru. Untuk penilaiannya bapak-ibu atau teman-teman dapat melihat pada modul dari setiap tema yang ada. Jika Bapak Ibu belum punya, bapak ibu dapat mendownload modul disini. Di situ sudah disediakan rubrik penilaian serta tugas-tugas yang diberikan kepada peserta didik atau diberikan kepada siswa. Guru juga berhak untuk melakukan modifikasi dari modul yang  ada. Jadi teman-teman tidak saklek menggunakan modul yang yang sudah disediakan tetapi teman-teman bisa memodifikasinya.

Nah, Disini saya akan memberikan gambaran raport P5BK yang sudah saya buat dan sekolah saya gunakan pada tahun pertama kami melaksanakan kurikulum SMK PK ini. Nanti sekiranya teman-teman menemukan sesuatu yang salah atau kurang benar teman-teman dapat meninggalkan komentar di kolom komentar dan kita saling berbagi atau  saling revisi ya teman-teman. Nah nanti akan saya lampirkan raportnya sudah saya rumuskan. Raport yang akan saya lampirkan ini hanya satu tema sehingga teman-teman dapat mengembangkannya dalam tema-tema lainnya karena dalam Tema tersebut nanti akan berisi deskripsi deskripsi kegiatan sesuai dengan yang teman-teman ajarkan. Tentu setiap sekolah bahkan setiap guru berbeda, namun lebih baiknya di sekolah, bapak ibu atau teman-teman sudah duduk bersama untuk menentukan deskripsi tema yang akan dinilai kan sehingga satu sekolah memiliki deskripsi yang sama untuk setiap temanya. 

Tampilan Rapot P5BK Format Excel
Tampilan Rapot P5BK Format Excel


Berikut raport P5BK yang sudah saya buat, yang akan saya lampirkan adalah tema kebekerjaan semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya. Untuk tema lainnya teman-teman bisa tuliskan email pada kolom komentar ya, akan saya kirimkan free. 


Wassalamu'alaikum

Salam Berbagi... 

2 comments:

Terimakasih atas komentar dan kunjungannya

Powered by Blogger.