Deskripsi Singkat Projek
Projek pada tema kebekerjaan dimaksudkan untuk menggali dan mengembangkan potensi peserta didik agar memahami ruang lingkup dan karakteristik pekerjaan sesuai dengan program keahliannya.
Ruang lingkup tema
Projek pada tema kebekerjaan ini meliputi : (1) Kenali Diri/Impian; (2) Bekali Diri/Penguatan Kompetensi; (3) Eksplorasi Potensi Lokal; (4) Kemampuan Komunikasi Efektif; (5) Kolaborasi dalam dunia kerja; (6) Kreativitas dan Proaktif; (7) Aktualisasi Diri; (8) Penerapan Komunikasi dalam Wawancara; (9) Personal Branding (Menuju Dunia Kerja); (10).Rencana Tindak Lanjut (RTL dan Change Project)
Tujuan
Tujuan umum pada projek tema kebekerjaan adalah agar peserta didik memahami ruang lingkup dan karakteristik dunia kerja sesuai dengan program keahliannya. Tujuan khusus tiap projek dapat dilihat pada setiap subtema.
Sub Tema 1
Membangun Impian peserta Didik SMK
Durasi : 24 JP
Bahan : Lembar kerja River of life
Peran Guru : Fasilitator
Dimensi Profil pelajar Pancasila : Mandiri, bernalar kritis, kreatif
Tujuan : Peserta didik mampu membangun impian tentang masa depan kebekerjaan melalui gambar sungai kehidupan/River or life
Persiapan :Guru mempersiapkan diri dengan berbagai pengetahuan tentang kemampuan membekali diri , khususnya bekal untuk masa depan peserta didik
Pelaksanaan :
- Peserta didik mendiskripsikan impian kesuksesan yang diharapkan
- Peserta didik membuat Langkah-langkah untuk mewujudkan impian kesuksesannya
- Peserta didik memetakan proses yang sudah dilalui dalam hidupnya melalui gambar sungai kehidupan/river of life
- Peserta didik mengidentifikasi profesi dunia kerja yang bisa menjadi pekerjaan setelah lulus SMK sesuai bidang keahlian
- Peserta didik diajak mengenali diri dan potensi yang dimiliki seutuhnya melalui gambar river of live
- Peserta didik dapat merencanakan karir setelah lulus
- Peserta didik dapat Menyusun rencana tindak lanjut
Tugas : Peserta didik merumuskan impian tentang masa depan (pekerjaan di masa depan
Baca Juga
Sub Tema 2
Bekali diri Literasi Digital
Durasi : 24 JP
Bahan : Lembar kerja Bekali Diri
Peran Guru : Fasilitator
Dimensi Profil pelajar Pancasila :
Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia,
Mandiri, bernalar kritis, kreatif
Tujuan :
Peserta didik mampu membekali dirinya melalui kompetensi literasi digital untuk mendukung kegiatan usaha/pekerjaannya
Persiapan :
Guru membekali diri dengan berbagai pengetahuan tentang kemampuan membekali diri, khususnya bekal untuk masa depan peserta didik
Pelaksanaan :
- Peserta didik memahmi proses bisnis yang dijalankan dari seorang pengusaha melalui guru tamu
- Peserta didik mendapatkan gambaran peluang usaha untuk lulusan SMK di Indonesia
- Peserta didik dapat memahami sikap dan nilai-nilai untuk menjadi seorang wirausahawan (enterpreuneur). Dapat dilakukan dengan kegiatan esensial literasi digital.
- Peserta didik dapat mengenali dan menyikapi berita-berita atau informasi yang sifatnya dapat dipercaya dan berita bohong (hoax)
- Peserta didik dapat membuat konten digital secara langsung
Tugas :
- Mengidentifikasi kualifikasi yang harus dimiliki untuk pekerjaan di masa depan
- Kemampuan analisis usaha dari mulai perencanaan usaha hingga pemasaran
- Meningkatkan kemampuan literasi digital dalam mendukung kegiatan usaha /pekerjaan
Sub Tema 3
Eksplorasi Potensi Lokal
Durasi : 24 JP
Bahan : Lembar Kerja Ekplorasi Potensi Lokal
Peran Guru : Fasilitator
Dimensi Profil Pelajar Pancasila : Kreatif dan Bernalar Kritis.
Tujuan
Peserta didik mampu mengeksplorasi peluang dan potensi usaha yang bersumber pada potensi lokal.
Persiapan
Guru mempersiapkan diri dengan berbagai pengetahuan tentang kemampuan eksplorasi potensi lokal.
Pelaksanaan
- Mengenali potensi lokal.
- Mengenali potensi sumber daya setempat (SDM, dan SDA).
- Mengidentifikasi potensi lokal dan sumber daya.
- Memetakan potensi lokal dan sumber daya.
- Memanfaatkan peluang dan potensi lokal dan sumber daya sebagai peluang kerja.
Tugas
- Mengidentifikasi potensi sumberdaya di sekitar yang memiliki potensi untuk dikembangkan.
- Kemampuan analisis peluang dan potensi usaha yang bersumber dari potensi lokal, dari mulai perencanaan usaha hingga pemasaran.
- Meningkatkan kemampuan literasi digital dalam mendukung kegiatan usaha/pekerjaan.
Sub Tema 4
Kemampuan Berkomunikasi Efektif
Bahan : Lembar Kerja Skenario Public Speaking
Peran Guru : Fasilitator
Dimensi Profil Pelajar Pancasila : Bergotong Royong; Kreatif; Mandiri; Bernalar Kritis;
Tujuan
Peserta didik mampu berkomunikasi secara efektif baik langsung maupun tidak langsung (verbal dan non verbal) untuk mendukung kemampuan kebekerjaannya.
Persiapan
Guru membekali diri dengan berbagai pengetahuan tentang teknik komunikasi yang efektif sesuai dengan tuntunan kecakapan dunia kerja.
Pelaksanaan
- Peserta didik dapat memahami pentingnya berkomunikasi.
- Peserta didik mendapatkan kiat-kiat berkomunikasi baik secara langsung maupun tidak langsung.
- Peserta didik mendapatkan secara langsung metode komunikasi umum (public speaking).
Tugas
- Menerapkan komunikasi verbal dalam bentuk surat lamaran pekerjaan secara individual.
- Menganalisis komunikasi melalui kiat-kiat efektif komunikasi secara langsung dan tidak langsung.
- Meningkatkan kemampuan komunikasi melalui Latihan public speaking dalam
- Mendukung kegiatan usaha/pekerjaan.
Materi P5Bk Tema Kebekerjaan Smk Pk - Rplama >>>>> Download Now
ReplyDelete>>>>> Download Full
Materi P5Bk Tema Kebekerjaan Smk Pk - Rplama >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
Materi P5Bk Tema Kebekerjaan Smk Pk - Rplama >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK F3