Download Materi P5BK Bekali Diri Literasi Digital

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 


Apa kabar teman-teman? Bertemu lagi di blog salam berbagi digital

Kali ini saya akan sharing informasi kepada teman-teman mengenai materi Projret Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada tema Kebekerjaan. Seperti yang sudah kita bahas pada blog sebelumnya bahwa tema kebekerjaan merupakan salah satu tema wajib yang harus diajarkan pada mata pelajaran P5BK. 

Pada pembahasan kali ini saya akan membahas project/ kegiatan kedua pada tema kebekerjaan yaitu Bekali Diri-Literasi Digital. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar peserta didik mampu membekali dirinya melalui kompetensi literasi digital untuk mendukung kegiatan usaha/ pekerjaannya. 

Pada kegiatan sebelumnya siswa dengann bimbingan guru telah mengenali profesi atau peluang usaha di bidangnya sesuai program keahlian. Agar cita-cita atau impian tersebut dapat diraih oleh siswa, maka guru pada kegiatan ini wajib memberi bekal kepada siswa dengan berbagai pengetahuan sebagai bekal di masa depan. Pembekalan tersebut menurut modul adalah dengan menghadirkan guru tamu kepada siswa. Namun dalam pelaksanaannya hal ini sulit dilakukan, seperti pengalaman yang saya temui. Memang sekolah biasanya memiliki program guru tamu untuk siswa, namun dari segi kebutuhan dan tingkat kelasnya terkadang tidak sesuai misalnya di sekolah saya mengundang guru tamu untuk kelas XI, padahal saat ini saya sedang mengajar materi Kebekerjaan kelas X, sehingga program tersebut tidak dapat saya manfaatkan untuk kelas saya. Adapun kendala lainnya jika kita atau teman-teman ingin menghadirkan guru tamu adalah belum terplotnya anggaran untuk kegiatan ini, sehingga sulit untuk dilakukan. Nah, alternative yang saya lakukan adalah sebagai pengganti guru tamu, saya mencari video berupa wawancar mengenai wirausaha atau sesuaikan dengan program keahlian teman-teman. Adapun alternative lain yang bias teman-teman pilih adalah dengan mengundang guru BK sebagai guru tamu, hal ini diperbolehkan menurut pemahaman saya, saat mengikuti bimtek.

Baca Juga

Adapun materi pada kegiatan ini saya tuangkan dalam sebuah slide power point, yang dapat teman-teman lihat disini. Namun materi yang saya tuang hanya merupakan pokok-pokok materi sebagai pancingan saja, untuk lebih luasnya teman-teman bias mengembangkannya melalui tanya jawab dengan siswa atau presentasi siswa berdasarkan video/ guru tamu yang diundang. Demikian sharing informasi yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

No comments:

Terimakasih atas komentar dan kunjungannya

Powered by Blogger.