Pada artikel kali ini saya akan mencoba membahas mengenai
Asesmen dan Rapot P5, pada kurikulum merdeka belajar. Asesmen merupakan hal
yang umum dilakukan oleh guru, yakni upaya/ usaha guru untuk mendapatkan data/
informsi dari proses pembelajaran yang telah dilakukan untuk mengetahui seberapa besar keterserapan informasi yang telah diterima oleh peserta didik.
Ketercapaian Tujuan Pembelajaran
Untuk mengetahui apakah peserta didik telah berhasil
mencapai tujan pembelajaran, guru perlu menetapkan kriteria atau indikator
ketercapaian tujuan pembelajaran. Kriteria ini dikembangkan saat guru merencanakan asesmen, yang dilakukan saat pendidik menyusun perencanaan
pembelajaran, baik dalam bentuk rencana pelaksanaan pembelajaran ataupun modul
ajar.
Dalam menentukan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran,
ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan, yaitu
Tidak disarankan untuk menggunakan angka mutlak (misalnya
75, 80, dan sebagainya) sebagai kriteria. Yang paling disarankan adalah menggunakan
deskripsi, namun jika dibutuhkan, pendidik diperkenankan untuk menggunakan
interval nilai (70-85, 85-100, dan sebagainya)
Pengolahan hasil penilaian dapat dilakukan dengan
menganalisis secara kuantitatif dan/ atau kualitatif terhadap data hasil
pelaksanaan penilaian yang berupa angka dan atau deskripsi. Pendidik perlu
menentukan kriteria untuk memetakan ketercapaian tujuan pembelajaran.
Kriteria yang digunakan untuk menentukan apakah peserta
didik telah mencapai tujuan pembelajaran dapat dikembangkan menggunakan
beberapa pendekatan, yaitu:
- Menggunakan deskripsi kriteria
- Menggunakan rubrik
- Menggunakan interval nilai
Contoh Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran
Contoh salah satu tujuan pembelajaran mata pelajaran Bahasa
Indonesia fase C:
“Peserta didik mampu menulis laporan hasil pengamatan dan wawancara”
Menggunakan deskripsi kriteria
Kriteria:
Laporan peserta didik menunjukkan kemampuannya menulis teks
eksplanasi, hasil pengamatan, dan pengalaman secara jelas. Laporan menjelaskan
hubungan kausalitas yang logis disertai dengan argumen yang logis sehingga
dapat meyakinkan pembaca.
Menggunakan Rubrik
Menggunakan Interval
Pengolahan Hasil Asesmen
Format Rapor Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Deskripsi singkat projek berisi penjelasan mengenai konteks dan
tujuan projek serta gambaran umum proses
pelaksanaannya.
Rapor mencantumkan dimensi, sub-elemen, dan rumusan kompetensi sesuai fase peserta didik dari profil pelajar Pancasila sesuai dengan tujuan projek yang sudah ditentukan.
Penilaian individual anak. Berisi capaian sub-elemen profil pelajar Pancasila berdasarkan 4 kriteria: Mulai Berkembang, Berkembang, Berkembang Sesuai Harapan, dan Sangat Berkembang. Sementara di bagian akhir terdapat deskripsi satu paragraf singkat
mengenai pencapaian peserta didik yang menggambarkan proses yang paling berkembang dan proses yang masih perlu mendapat perhatian.
No comments:
Terimakasih atas komentar dan kunjungannya