20 Tips Menata Rumah Minimalis Menurut para Ahli

 



20 Tips Menata Rumah Minimalis Menurut para Ahli

Saat teman-teman memutuskan untuk memilih rumah minimalis, kesederhaan adalah pemikiran yang haru teman-teman miliki. Minimalis merupakan gaya hidup yang berpedoman pada bagaimana kamu mendekorasi.

 Rumah minimalis merupakan rumah yang sengaja dibangun dengan barang-barang di dalamnya hanya yang benar-benar kamu butuhkan dan kamu sukai. Banyak orang yang salah paham mengenai rumah minimalis, yaitu membutuhkan lebih sedikit pemikiran. Sebaliknya, sebenarnya rumah minimalis membutuhkan lebih banyak pertimbangan mengenai mana yang harus dipilih karna sseluruh bagian dari rumah minimalis memiliki fungsi dan perannya masing-masing. Pada artikel ini, kami mecoba merangkum berbagai tips dari para ahli desain untuk mewujudkan rumah minimalis rumah impian anda:

Mulailah dengan “Mengapa”



Jika kamu menginginkan rumah yang lebih minimalis, langkah pertama untuk memulainya adalah dengan berpikir “mengapa”. Pikirkan mengapa kamu ingin memiliki rumah minimalis dan pertimbangkan bagaimana rumah impian yang akan kamu bangun akan mendukung kehidupan yang akan kamu jalani nantinya. Dengan begitu kamu dapat memutuskan apa saja yang harus ada di dalamnya dan apa yang seharusnya tidak ada.

Rapikan dan Rapikan



Konsep minimalis adalah hidup dengan sedikit barang di dalamnya, jadi kamu harus benar-benar berkomitmen pada hal itu. Jika ada barang di dalam rumahmu yang sudah lama tidak kamu gunakan, maka singkirkan itu. Semua yang ada di dalam rumah harus memiliki tujuan baik secara emotional, astetik, dan fungsionalnya.

Cobalah metode KonMari



Salah satu metode yang terkenal dalam merapikan adalah metode KonMari, yakni metode merapikan berdasarkan kategori bukan lokasi. Mulai dengan pakaian, buku, kertas, barang-barang lain, dan terakhir barang-barang sentimental. Saat memiliah barang yang akan disimpan dan dibuang, ajukanlah pertanyaan pada diri sendiri, misalnya apakah barang tersebut membuat kamu bahagia? Jika tidak maka ucapkan terimakasih dan singkirkan barang tersebut.

Gunakan Ulang Apa yang Sudah Kamu Miliki



Setelah merapikan dan sebelum kamu memutuskan membeli lebih banyak furnitur atau barang-barang untuk mendekor. Cobalah untuk menggunakan kembali apa yang sudah ada. Misalnya, kamu dapat menggunakan kotak sepatu untuk mengorganisir pakaian dengan kotak kecil sebagai sekat untuk barang yang lebih kecil.

Hiasi dengan Sentuhan Pribadi



Salah satu cara terbaik untuk mendekor rumah minimalis adalah dengan menggunakan furnitur dan barang favorit sebagai dasarnya. Untuk menambahkan sentuhan pribadi, kamu dapat menggunakan objek yang memiliki arti khusus bagi kamu atau membingkai karya seni anak-anak dan foto keluarga di dalam rumah. Kamu juga dapat menggunakan barang sehari-hari seperti buku dan lilin dan mengaturnya sedemikian rupa untuk membuatnya estetik.

Rencanakan Apa yang Akan Kamu Beli



Saat kita membeli barang yang tidak kita rencanakan, biasanya akan cenderung berakhir dengan tidak baik, namun itu dapat kita hindari dengan pola pikir minimalis. Saat kamu membeli dengan tujuan tertentu, kamu tidak akan membeli barang yang tidak kamu perlukan. Jadi, saat kamu memutuskan untuk membelinya pikirkan baik-baik apakah itu menguntungkan untukmu dan rumahmu?

Gunakan Barang yang Timeless



Salah satu keuntungan dari gaya hidup minimalis adalahmemungkinkan kamu untuk berinvestasi dalam hal yang lebih sedikit dan lebih baik. Ketika memilih furniture dan hiasan, pilihlah yang timeless dan barang-barang akan bertahan di waktu yang lama. Garis yang bersih dan potongan yang dibuat dengan baik tidak akan pernah ketinggalan zaman.

Menjaga Konsistensi Material



Astetik minimal dapat dicapai apabila terdapat kesederhanaan dan menyatukan rumah yang terasa cerah, lapang, santau, dan modern. Pilihlah satu hingga tiga bahan untuk digunakan secara konsisten di seluruh rumah dengan mempertimbangkan kepraktisan dan fungsi. Tetap gunakan bahan yang terasa ringan dan lapang, seperti kayu oak yang diputihkan atau beton ringan. Pilihlah warna netral pada rumah untuk kohesi.

Coba Penyimpanan Tersembunyi



Tidak Semua barang dirumahmu, dimaksudkan untuk dipajang, disitulah penyimpanan tersembunyi berperan. Simpan barang-barang peralatan rumah tangga seperti bola, lamu, kabel, baterai, file kerta ke tempat atau keranjang yang cantik, sembunyikan di credenza, atau beli satu penyimpanan tersendiri sehingga rumahmu terlihat ramping, lapang, dan minimalis.

Tambahkan Bahan Alami untuk Menambah Kehangatan



Jika kamu mencoba dengan skema warna yang dominan putih, pilihan populer untuk hiasan minimalis adalah menambahkan tekstur alami untuk menambah kehangatan dalam rumah. Kayu alami, tekstil tenunan tangan dan tanaman direkomendasikan untuk rumahmu.

Manfaatkan Ruang Negatif



Ruang negatif menampilkan keindahan dan kesederhanaan rumah. Material akan menunjukkan dan mencaritakan ceritanya sendiri. Jangan merasa setiap bagian dari rumahmu harus lengkap.
Jika kamu memiliki ruang negatif dalan jumlah yang besar dan merasa perlu meenghiasanya, sentuhan sederhan seperti tanaman dalam ruangan atau karya seni dapat membantu kamu membuat ruang terasa nyaman namun mempertahankan estetika minimalis yang sederhana.

Pikirkan Baik-baik saat Memutuskan untuk Mendekor



Jika kamu menginginkan tampilan “sederhana”, cobalah memilih barang yang lebih besar daripada hiasan yang kecil. Potongan berskala besar lebih berdampak pada mata dan membantu menciptakan ruang yang sederhana namun menakjubkan.

Gunakan Furnitur Multifungsi



Cari furnitur fleksibel yang memiliki banyak fungsi atau dapat dipindahkan dari satu ruangan ke ruangan lain. Misalnya bangku atau meja yang berfungsi ganda sebagai meja samping atau bangku di ruang makan untuk tempat duduk tambahan.

Temukan Bagian yang Mudah Dipadukan



Barang-barang dirumah sebaiknya dapat dipadukan sehingga membentuk suatu cerita. Pemilik rumah harus menonjolkan keindahan ruang, pemandangan, atau karya seni, sangat penting agar dapat saling berbaur. Warna dan tekstur harus saling melengkapi dan bentuk harus tetap sederhana.

Rapikan Secara Teratur



Pertahankan rumah minimalis dengan membersihkan secara teratur dan memiliki tempat untuk seluruh barang yang anda. Begitu kamu memutuskan untuk membawa sesuatu di rumah, pastikan semuanya memiliki tempat di rumahmu.

Jadilah Kreatif dengan Pencahayaan



Untuk menambah daya tarik visual pada rumah minimalis, bermainlah dengan pencahayaan yang menyenangkan. Ada banyak pilihan untuk perlengkapan lampu modern dan memilih sesuatu yang sedikit simple dan sedikit out of the box di ruang makan atau di ruang rias dapat menambahkan karakter ke rumah minimalis.

Jangan takut Bermain Warna



Tidak jarang mengasosiasikan rumah minimalis dengan palet warna netral yang diisi dengan abu-abu muda, putih, dan krem, bukan berarti kamu tidak bisa bermain warna. Menggunakan warna dan tekstur dalam jumlah kecil melalui tanaman, karya seni, dan tekstil adalah cara yang bagus.

Keluarkan Karya Seni Favorit Kamu



Jika kamu memiliki koleksi seni, alih-alih menampilkan seluruh koleksi sekaligus, kamu dapat dengan cerdas menyimpan karya-karya tersebut agar tidak terlihat dan hanya memajangnya satu per satu.

Ciptakan Ruang ramah dengan Lekukan Lembut



Menambahkan lekukan lembut dan tepi yang halus seperti meja kopi bundar atau sofa akan lebih menambah kesan minimalis yang cantik

Bersenang-senanglah Mendekorasi Rumahmu



Fokuslah pada apa yang cocok untukmu daripada mencoba meniru tampilan tertentu. Minimalis bukanlah satu ukuran yang cocok untuk semua dan terlihat berbeda untuk semua orang.

 


 


No comments:

Terimakasih atas komentar dan kunjungannya

Powered by Blogger.