Download Rancangan dan Laporan Aktualisasi Latsar CPNS Guru

 Download Rancangan dan Laporan Aktualisasi Latsar CPNS Guru



LATSAR CPNS  atau Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil merupakan pendidikan dan pelatihan dalam Masa Prajabatan yang dilakukan secara terintegrasi untuk membangun mewujudkan PNS yang profesional dan berkarakter. Pelatihan Dasar ini adalah salah satu persyaratan yang harus ditempuh oleh seorang Calon Pegawai Negeri Sipil dalam masa percobaan sebelum diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil untuk membentuk kompetensi berupa pengetahuan, keterampilan, dan perilaku Calon Pegawai Negeri Sipil yang nantinya akan digunakan dalam pekerjaan sehari-hari.

Pelaksanaan Latsar CPNS pada tahun 2022 dilaksanakan berdasarkan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Peraturan Pemerintah Nomor, 17 Tahun 2020 Tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen ASN, Peraturan Lembaga Administrasi Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2018 tentang Pengembangan Kompetensi bagi PNS, dan Peraturan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2021 Tentang Perubahan atas Peraturan Lembaga Aministrasi Negara Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pelatihan Dasar CPNS.

Pelaksanaan Latsar CPNS memadukan pelatihan klasikal dengan nonklasikal, dan kompetensi sosial kultural dengan kompetensi bidang. Pelatihan Dasar CPNS secara klasikal atau Blanded Learning, dilaksanakan melalui 3 bagian pembelajaran yaitu:

  • Pelatihan atau pembelajaran mandiri
  • Distance Learning, dan
  • Pembelajaran Klasikal di tempat penyelenggaraan Pelatihan Dasar CPNS

 

Pelaksanaan Latsar CPNS dilaksanakan dalam bentuk Blanded Learning dengan total jam 647 JP atau 74 hari kerja. Dengan rincian Pelatihan Mandiri secara daring selama 48 Jp atau 16 hari kerja, distance learning yang terdiri dari pembelajaran menggunakan e-learning dan aktualisasi dilaksanakan selama 217 JP atau setara 22 hari,

Dalam pembelajaran ini peserta diminta untuk merumuskan isu-isu atau masalah yang ada di unit kerja masing-masing yang kemudian dicarikan solusi penyelesaian. Isu-isu yang diangkat kemudian dibobot berdasarkan urgency, seriousness, dan growth dengan bobot 1-5. Isu dengan bobot tertinggi kemudian dipilih menjadi isu prioritas yang akan dijadikan isu kontemporer. Isu kontemporer inilah yang akan dibuatkan penyelesaiannya. Isu yang diangkat akan diselesaikan kemudian menjadi judul untuk rancangan aktualisasi peserta latsar.

Selama penyusunan rancangan aktualisasi, peserta didampingi oleh Coach yang berasal dari tempat penyelenggara Pelatihan Dasar CPNS dan mentor yang merupakan atasan langsung peserta di tempat kerja. Selama menyusun rancangan aktualisasi peserta difasilitasi untuk melakukan pembimbingan penyusunan Rancangan Aktualisasi kepada mentor dan coach seperti halnya mahasiswa yang sedang menyusun skripsi yang harus melakukan pembimbingan kepada dosen pembimbing. Penyusunan Rancangan Aktualisasi diakhiri dengan sidang presentasi rancangan aktualisasi. Menurut pengalaman pribadi saya, presentasi ini dilakukan layaknya sidang skripsi atau thesis yang mana peserta melakukan presentasi di hadapan mentor, coach, dan penguji. Proses ini dilakukan untuk memantapkan rencana aktualisasi peserta latsar pada saat habituasi nantinya.

Setelah proses persentasi rancangan aktualisasi, selanjutnya peserta latsar melaksanakan habituali di unit kerjanya. Pada saat habituasi peserta melaksanakan penyusunan laporan aktualisasi dari rancangan yang telah disusun sebelumnya. Pada proses ini peserta juga melaksanakan pembimbingan dengan coach dan mentor dalam penyusunan laporan aktualisasi. Di akhir pelatihan dasar CPNS ini, peserta wajib mempertanggungjawabkan laporan aktualisasi melalui presentasi seperti proses sebelumnya. Persentasi dihadiri oleh coach, mentor, dan penguji. Dan pada proses ini juga merupakan penentu kelulusan peserta pada proses pelatihan dasar CPNS. Berikut saya lampirkan contoh rancangan dan laporan aktualisasi yang saya susun pada saat Pelatihan Dasar CPNS tahun 2019 lengkap beserta materi presentasenya. Semoga bermanfaat dan membantu memberikan gambaran pada teman-teman. J

Rancangan Aktualisasi

Materi Power Point RancanganAktualisasi

Laporan Aktualisasi

Materi Power Point LaporanAktualisasi

No comments:

Terimakasih atas komentar dan kunjungannya

Powered by Blogger.