Rekomendasi Merk NGT untuk Bayi/ Anak

 Rekomendasi Merk NGT untuk Bayi/ Anak

 


Nasogatric tube (NGT ) atau yang sering disebut dengan selang makanan atau sonde merupakan selang plastik lunak yang dipasang melalui hidung menuju lambung. Selang ini digunakan untuk pemberian makanan dan obat kepada pasien atau mengosongkan lambung. Tidak hanya digunakan di Rumah Sakit, selang NGT ini juga bisa terpasang sampai pasien menjalani rawat jalan di rumah.

Selang NGT umumnya biasa dipasang pada pasien yang mengalami gangguan kesulitan dalam menelan makanan atau obat. Tidak hanya pada orang dewasa, ternyata NGT ini juga wajar digunakan pada bayi atau anak. NGT pada anak biasanya digunakan pada bayi yang memiliki gangguan dalam menelan, berat badan kurang, atau alasan medis lainnya. Salah satu kasus yang terjadi pada anak saya adalah karena adanya indikasi medis alergi susu sapi sehingga kami sebagai orangtua dengan berbagai pertimbangan, mengikuti saran dokter yaitu dengan memberikan susu alergi yang terhidrolisa sempurna. Pada saat itu anak saya masih berumur 17 bulan, sehingga asupan gizi salah satunya dari susu sangatlah penting, mengingat saya adalah seorang ibu pekerja. Perlu diketahui susu formula terhidrolisa sempurna berbeda dengan susu formula biasa, salah satunya dari segi rasanya yang pahit seperti obat. Sehingga pemberian susu ini pada bayi harus dilakukan dengan pemasangan NGT, karena dengan oral akan sulit dilakukan.

Berikut saya ulas beberapa merk NGT untuk Bayi dan Rekomendasi ternyaman menurut pengalaman pribadi saya:

Terumo

NGT Terumo berbahan PVC Medical Grade sehingga permukaan halus dan gesekan minimal pada saat intubasi atau saat pemasangan selang. NGT ini dilapisi dengan bahan radio opaque untuk memudahkan pemasangan/ intubasi. Dikemas dalam kemasan steril, tersendiri dalam kemasan blister dengan sistem EO. Harga NGT ini berkisar antara 30ribu hingga 40ribu rupiah. NGT ini memiliki masa pemakaian selama 6 hari atau 1 minggu. Apabila anak anda anak yang aktif dan sangat sering NGT terlepas dalam pemakaiannya, NGT ini cocok digunakan.

 

JMS

NGT JMS dilengkapi dengan adaptor dengan kap penutup dan garis Radiopaque yang mempermudah pada saat di X-Ray. NGT ini juga dilengkapi dengan penanda untuk penempatan yang lebih akurat dan memiliki ujung yang halus. Harga NGT ini cukup terjangkau berkisar 30ribu hingga 50ribu dengan masa pemakaian yang cukup lama yaitu 1 bulan.

 

Well Lead/ Fesco

NGT Well Lead terbuat dari bahan silicone yang dilengkapi tutup pada ujung NGT dan garis biru untuk indikasi saat di x-ray. Dibandingkan dengan NGT yang berbahan PVC yang harus dilepas saat sudah 6 hari, NGT Well lead yang berbahan dasar silicone memiliki jangka pemakaian 30 hari yang sangat membantu pasien karena lebih lama. Harga NGT ini cukup terjangkau berkisar 60ribu.


Avanos/ Halyard

NGT Avanos merupakan NGT yang paling saya rekomendasikan. NGT ini berbahan dasar silicone, yang bertekstur lebih lembut dilengkapi dengan garis penanda pada selang. Terdapat dua katup pada ujungnya. NGT ini memiliki masa pemakaian yang cukup lama yakni selama 3 bulan. Berdasarkan pengalaman pribadi anak kami, NGT ini adalah NGT yang paling nyaman dipakai apalagi untuk bayi dan anak. Namun kelemahannya adalah cukup licin, sehingga moms harus benar-benar memastikan bahwa selang telah menempel sehingga tidak mudah terlepas. Karena masa pemakaian yang cukup lama, NGT ini sangat mengurangi biaya pemasangan dan mengurangi ketidaknyamanan pasiean karena tidak harus berganti selang seperti jika menggunakan NGT lain yang bermasa pakai 1 minggu atau 1 bulan. Harga NGT ini cukup mahal yang berkisar 350ribu rupiah dan keberadaannya cukup sulit ditemukan atau jarang yang menjualnya.

 

Itu tadi rangkuman rekomendasi merk NGT untuk anak/ bayi, semoga bermanfaat. Salam sehat untuk kita dan keluarga. Untuk Mama-mama yang sedang diuji dengan anak yang memiliki masalah menelan atau masalah medis lainnya sehingga harus menggunakan NGT, semoga mama tetap kuat, dan ananda selalu sehat. J

 

No comments:

Terimakasih atas komentar dan kunjungannya

Powered by Blogger.