Mengenal Assessment Kompetensi Minimum (AKM) Pengganti Ujian Nasional


Gaung pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer yang akan ditiadakan di tahun 2021 santer terdengar semenjak kepemimpinan Mendikbud Nadiem. Tahun 2020 ini merupakan pelaksanaan UNBK terakhir, dan di tahun 2021 akan digantikan dengan Assessment Kompetensi Minimum (AKM) dan Survey Karakter. AKM dan Survey Karakter terdiri dari kemampuan menalar menggunakan bahasa/ literasi, menalar dengan matematika/ numerasi, dan penguatan pendidikan karakter. 
Pelaksanaan AKM sendiri direncanakan akan diikuti oleh siswa yang berada di tengah jenjang sekolah, misalnya kelas 4 Sekolah Dasar, Kelas 8 Sekolah Menengah Pertama, dan Kelas 11 Sekolah Menengah Atas atau sederajat). Dimana diharapkan hasil dari AKM dapat digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran para guru. Hasil tersebut tidak digunakan untuk dasar seleksi siswa melanjutkan jenang berikutnya.
Pada jenjang SMK sendiri AKM telah diperkenalkan kepada siswa dan guru bersamaan dengan pelaksanaan Gladi Bersih UNBK yang dilaksanakan minggu lalu. Dimana diikuti oleh para siswa kelas XII dan guru-guru mta pelajaran dan tidak terikat hanya mata pelajaran yang di UN kan. Pengenalan AKM untuk para siswa sendiri dilaksanakan pada hari kedua Gladi Bersih yaitu Selasa, 18 Februari 2020 bersamaan dengan Gladi Bersih mata pelajaran Teori Kejuruan meskipun sempat diwarnai dengan beberapa kendala pada server pusat. Sementara itu, pengenalan AKM pada guru dilaksanakan pada hari Rabu, 19 Februari 2020. Pengenalan AKM ini, diikuti oleh seluruh sekolah di Indonesia, sementara untuk jenjang SMA akan dilaksanakan di minggu setelahnya. 
Foto Pelaksanaan Pengenalan AKM untuk Guru, di SMK N 1 Godean, Sleman, DIY

No comments:

Terimakasih atas komentar dan kunjungannya

Powered by Blogger.