Booting Lewat USB atau CD Room pada Laptop ASUS FHD 1080


Anda mungkin kebingungan saat akan menginstall ulang laptop ASUS anda karena di dalam BIOS tidak menemukan Boot priority selain hardisk atau pada saat menekan tombol boot order tidak terdeteksi flashdisk meskipun flashdisk bootable anda sudah tertancap di laptop. Hal ini terjadi pada saya baru-baru ini. Namun setelah berselancar kesana kemari akhirnya saya menemukan solusinya yang akan saya bagikan melalui tulisan ini. 
Karena tidak sempat mengabadikan gambarnya maka saya akan menjelaskan melalui kata-kata saja ya. Saya asumsikan anda sudah mengerti tentang BIOS dan cara mengatur bootable bios sebelumnya. Jika pada laptop lain kita bisa mengaktifkan/ enable CSM maka pada bios laptop ini fitur itu tidak tersedia. Bagian BIOS yang perlu kita atur adalah: 
1. Disable Fast BIOS pada menu Boot
2. Disable Secure Boot Control pada manu Security
Simpan dan restart
Tips yang lain, laptop ini ternyta hanya membaca bootable dengan format GPT, dan tidak membaca bootable dengan format MBR, untuk itu, sebelum anda membuat bootable windowsnya pastikan formatnya adalah GPT dengan tipe non CSM serta pastikan file systemnya FAT 32.  
Restart laptop anda dengan tekan boot order/ tombol ESC, gimana sudah munculkan pilihan Boot melalui USB? 
Cara ini berhasil pada laptop saya.. selamat mencoba... 😀

No comments:

Terimakasih atas komentar dan kunjungannya

Powered by Blogger.