Analisis SKL KI KD Pemrograman Dasar Tahun Pelajaran 2019 2020


Belakangan ini kita mengenal kurikulum Nasional sebagai kurikulum terbaru pendidikan di Indonesia. Pada kurikulum ini terdapat banyak perubahan dalam pembuatan administrasi guru, salah satunya adalah Analisis Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Dalam membuat analisis ini kita harus mengacu pada pedoman Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar  mata pelajaran, kata kerja oprasional bloom, dan kata kerja operasional. Berhubung di semester ini, saya mengajar Pemrograman Dasar, maka saya akan mencoba berbagi hasil analisa SKL KI KD saya.
Untuk mengetahui dimesi kognitif/ pengetahuan kita perlu untuk melihat Taksonomi Bloom dan untuk melihat tingkat taksonomi keterampilan kita bisa melihat kata kerja operaisonalnya. Berikut saya lampirkan juga taksonomi Bloom dan KKO yang dapat anda download. 
Taksonomi Bloom
KKO Keterampilan
Kesetaraan KD 3 dan KD 4 dilihat dari selisih tingkat dimensinya, jika selisihnya lebih dari 1 maka harus disetarakan dengan mengganti kata kerja paling rendah diantara keduanya menjadi satu tingkat lebih tinggi. Contoh:

Berikut merupakan apa yang saya tangkap pada saat Bimtek K13 beberapa waktu yang lalu, jika ada kesalahan saya sangat terbuka pada kritik dan saran anda. Untuk lebih lengkapnya, saya lampirkan hasil analisis SKL KI KD Pemrograman Dasar yang telah saya buat.
Download Analisis SKL KI KD Pemrograman Dasar Tahun Pelajaran 2019 2020

Semoga bermanfaat 😀

No comments:

Terimakasih atas komentar dan kunjungannya

Powered by Blogger.