LIPOSOS dan Perannya Bagi Lingkungan

LIPOSOS, bagi kamu yang tinggal di pedesaan seperti saya pasti sudah tidak asing lagi dengan kata LIPOSOS. Nah ternyata LIPOSOS sendiri bukan hanya sekedar nama namun memiliki arti, makna dan tujuan tersendiri, dan ternyata saya baru tau ini pagi ini (-,-') ampuun dah. 
LIPOSOS sendiri merupakan kependekan dari Lingkungan Pondok Sosial, yang merupakan tempat penampungan atau tempat tinggal bagi penghuni yang memiliki latar belakang pengemis, anak jalanan dan tuna wisma. Liposos sendiri merupakan binaan dari Departemen Sosial. Tujuan dibentuknya LIPOSOS ini sendiri untuk mengurangi angka kemiskinan dan kuantitas pengemis dan tuna wisma. Di bawah binaan Departemen Sosial, mereka yang memenuhi kriteria di atas mendapatkan binaan untuk dapat menghasilkan uang tanpa mengemis. 
Di lingkungan tempat tinggal saya sendiri yaitu daerah Purwomatani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta Liposos sudah dikenal di lingkungan masyarakat. Setiap harinya beberapa orang yang berasal dari Liposos berkeliling di daerah tempat tinggal kami untuk membeli sampah atau barang yang masih bisa dijual seperti buku-buku, bekas botol plastik, koran dll. Ingat Liposos tidak sama dengan Pemulung yah! Kalau pemulung, mereka mendapatkan barang-barangnya dengan gratis, sedang Liposos mereka membeli barang kita untuk dikumpulkan dan dijual. 
Keberadaan Liposos ini bagi saya sangat berperan dalam menjaga kebersihan lingkungan kita, selain mengurangi barang yang menumpuk di rumah kita, juga menambah sedikit uang bensin, ya walaupun tidak seberapa. 

Dan pagi ini berkat adanya Liposos, saya berhasil mengosongkan gudang dan mendapat uang saku tambahan 70 ribu. Bagaimana dengan kalian, terbantukah dengan adanya Liposos?? 

No comments:

Terimakasih atas komentar dan kunjungannya

Powered by Blogger.