Artikel kali ini saya akan mencoba untuk membahas soal-soal Pendidikan Profesi Guru pada bagian Pedagogik Modul kedua. Pada modul kedua pedagogik ini terdiri dari 4 kegiatan belajar yakni tentang karakteristik pembelajaran abad 21, Profil kompetensi guru abad 21, tugas pokok dan fungsi guru abad 21, dan strategi pengembangan keprofesian berkelanjutan. Berikut soal dan pembahasannya
Guru dalam memfasilitasi pembelajaran abad 21 sebaiknya …
a.
Menjadi pengendali utama terhadap materi
pembelajaran
b. Memfokuskan
diri kepada penguasaan aplikasi komputer kontemporee
c. Memfokuskan
diri kepada penguasaan materi pembelajaran
d. Mengutamakan
agar peserta didik menguasai materi
e.
Menekankan kepada pengembangan keterampilan
belajar
Kunci : Menekankan kepada
pengembangan keterampilan belajar
Berikut ini merupakan ciri generasi z yang berkaitan dengan preferensi
belajarnya adalah …
a.
Bersifat terbuka terhadap rekam jejak digitalnya
b. Tidak
suka berkolaborasi dan cenderung menyendiri
c. Menyukai
musik dan mendengarkan radio
d. menyukai
komunikasi berbasis visual
e.
Suka membaca teks dari buku elektronik
Kunci : menyukai komunikasi berbasis visual
Guru perlu bersikap luwes dalam merancang pembelajaran abad 21.
Pernyataan ini mengandung pengertian …
a.
Rancangan membuka peluang perubahan strategi dan
materi
b. Tidak
perlu membuat rancangan pembelajaran yang operasional
c. Rancangan
pembelajaran selalu mengintegrasikan teknologi
d. Pelaksanaan
pembelajaran tidak perlu berurutan sesuai rancangan
e.
Teknologi perlu disesuaikan dengan kebutuhan
guru
Kunci : Rancangan membuak peluang perubahan strategi dan materi
Generasi z memiliki rentang perhatian yang pendek. Manakah pernyatan berikut
mencerminkan strategi paling tepat untuk melayani generasi z adalah …
a.
Mengurangi jam pelajaran dan tatap muka
b. Mengganti
buku cetak dengan buku elektronik
c. Menambah
materi pembelajaran berupa bacaan
d. Mengemas
materi ke dalam topik-topik kecil
e.
Meminta peserta didik untuk tetap fokus kepada
guru
Kunci : mengemas materi ke dalam topik-topik kecil
Model pembelajaran abad 21 yang menekankan dihasilkannya produk dan
menekankan otonomi belajar sejak mulai merancang, melaksanakan, dan
mengevaluasi hasil belajarnya adalah …
a.
Pembelajaran diskusi online
b. Pembelajaran
kontekstual
c. Bermain
peran dan simulasi
d. Pembelajaran
berbasis proyek
e.
Pembelajaran kooperatif
Kunci : pembelajaran berbasis proyek
Seorang guru menggunakan animasi video untuk menjelaskan materi prinsip
kerja hukum Newton. Tindakan guru merupakan penerapan TPACK dalam domain …
a.
Upaya memahami peserta didik
b. Merepresentasikan
data
c. Memahami
materi pembelajaran
d. Rancangan
kurikulum
e.
Pengelolaan pembelajaran
Kunci : memehami materi pembelajaran
Rendahnya partisipasi peserta didik di kelas mendorong seorang guru
menyediakan google drive agar karya peserta didik dapat tersimpan dengan baik
sehingga memudahkan teman lainnya dalam memberikan sumbang saran terkait karya
temannya. Hal ini merupakan pengintegrasikan teknologi pada domain …
a.
Pemahaman terhadap peserta didik
b. Pemahaman
materi pembelajaran
c. Penilaian
terhadap peserta didik
d. Pengelolaan
pembelajaran
e.
Strategi pembelajaran
Kunci: strategi pembelajaran
Pernyataan berikut yang merupakan fenomena pembelajaran abad 21 yang
menyebabkan era disrupsi pendidikan adalah …
a.
Semakin meningkatnya kemampuan TIK peserta didik
b. Berkembangnya
massive online open source
c. Standar
kompetensi guru yang meningkat
d. Banyaknya
media pembelajaran berkualitas
e.
Peningkatan jumlah kepemilikan perangakt TIK
Kunci : Berkembangnya massive online open source
Pembelajaran abad 21 menekankan kepada hal-hal berikut ini, kecuali ….
a.
Penguasaan aplikasi komputer, penuntasan materi,
dan pemahaman teknologi
b. Mengembangkan
kreatifitas, daya inovasi, dan keterampilan kognisi
c. Penyelesaian
masalah, berpikir tingkat tinggu, dan kolaborasi
d. Pengembangan
keterampilan belajar mandiri, tanggungjawab, dan mencipta
e.
Keterampilan komunikasi, keterampilan belajar,
dan metakognisi
Kunci: Penguasaan aplikasi komputer, penuntasan materi, dan pemahaman
teknologi
Guru perlu memastian desain pembelajaran yang dimediasi teknologi
merupakan keputusan peagogis. Alasan paling masuk akal terkait pernyataan di
atas adalah …
a.
Pembelajaran yang dimediasi teknologi harus
dilengkapi kelas konvensional
b. Pembelajaran
abad 21 memerlukan penerapan prinsip-prinsip pembelajaran
c. Guru
sepenuhnya terbantu oleh peran teknologi abad 21 yang canggih
d. Teknologi
telah menggantikan peran guru di semua aspek pembelajaran
e.
Peserta didik dapat belajar mandiri meskipun tanpa
kehadiran seorang guru
Kunci: Pembelajaran abad 21 memerlukan penerapan prinsip-prinsip
pembelajaran
Berkomunikasi dengan orangtua peserta didik dan masyarakat secara
santun, empatik, dan efektif, serta mengikutsertaka orang tua dan masyarakat
dalam program pembelajaran gun amengatasi kesulitan belajar peserta didik,
merupakan kompetensi …
a.
Profesional
b. Kepribadian
c. Sosial
d. Humanis
e.
Pedagogi
Kunci : Sosial
Berikut aspek dalam pengelolaan pembelajaran abad 21, kecuali …
a.
Mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran
b. Menerapkan
metode pembelajaran yang bervariasi
c. Menghindari
penggunaan smartphone yang berlebihan dalam pembelajaran
d. Menerapkan
kemampuan berpikir tingkat tinggi
e.
Merancang pembalajaran yang kreatif dan inovatif
Kunci : Menghindari penggunaan smartphone yang berlebihan dalam
pembelajaran
Paradigma dan keyakinan guru mempengaruhi cara guru bertindak. Berikut
merupakan cara pandang guru bad 21 tentang pembelajaran abad 21 yang paling
tepat adalah …
a.
Guru aktif memfasilitasi peserta didik, peserta
didik merespon
b. Pembelajaran
lebih berorientasi untuk menguasai konten
c. Pembelajaran
berpusat peserta didik dengan guru tetap aktif
d. Pembelajaran
harus berpusat pada peserta didik aktif
e.
Pembelajaran di mediasi teknologi peserta didik
aktif
Kunci: Pembelajaran berpusat peserta didik dengan guru tetap aktif
Indikator guru mampu memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi yang
dapat mempengaruhi kebijakan adalah …
a.
Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan
evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
b. Menggunakan
informasi hasil penialain dan evaluasi untuk merncang program remedial dan
pengayaan
c. Mengkomunikasikan
hasil penilaian dan evaluasi kepada pemangku kepentingan
d. Memanfaatkan
hasil refleksi dan penilaian untuk pengembangan mata pelajaran yang diampu
e.
Menggunakan informasi hasil penialain dan
evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar
Kunci : Mengkomunikasikan hasil penilaian dan evaluasi kepada pemangku
kepentingan
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
merupakan kompetensi pedagogik pada aspek …
a.
Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
b. Melakukan
tindakan reflektif
c. Pengembangan
kurikulum
d. Penguasaan
terhadap karakteristik peserta didik
e.
Penguasaan pada teori belajar dan
prinsip-prinsip pembelajaran
Kunci : Melakukan tindakan
Menunjukkan etos kerja, tanggungjawab yang tinggi, rasa bangga menjadi
guru dan percaya diri merupakan kompetensi …
a.
Sosial
b. Kepribadian
c. Pedagogi
d. Intelektual
e.
Profesional
Kunci : Kepribadian
Menerapkan berbagai pendekatan, startegi, metode dan teknik
pembelajaran yang mendidik secara kratif dengan mengintegrasikan teknologi
merupakan kompetensi inti pedagogi pada aspek …
a.
Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
b. Berkomunikasi
pada peserta didik
c. Penguasaan
pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
d. Penguasaan
tehadap karakteristik peserta didik
e.
Pengembangan kurikulum
Kunci: Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
Memahami karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural,
emosional, dan intelektual termasuk dalam kompetensi …
a.
Sosial
b. Semua
benar
c. Profesional
d. Pedagogi
e.
Kepribadian
Kunci : Pedagogi
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk beromunikasi dan
mengembangkan diri termasuk dalam kompetensi …
a.
Sosial
b. Kepribadian
c. Intelektual
d. Profesional
e.
Pedagogi
Kunci : Profesional
Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didk
mencapai prestasi secara optimal dengan kreatifitasnya termasuk kemampuan
pedagogi pada aspek …
a.
Pengembangan kurikulum
b. Penguasaan
pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
c. Penyelenggaraan
pembelajaran yang mendidik
d. Penguasaan
terhadap kerakteristik peserta didik
e.
Memfasilitsi pengembangan potensi peserta didik
Kunci : Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik
Pernyataan berikut paling tepat menggambarkan tugas guru di masa yang
akan datang adalah …
a.
Peran guru semakin ringan karen abanyak terbantu
oleh teknologi
b. Guru
lebih berfokus membentu peserta didik menuasai materi
c. Guru
bertindak sebagai konsultan pembelajaran berbasis teknologi
d. Guru
mengandalkan teknologi sebagai pengganti peran guru
e.
Guru menjadi kolaborator sumber daya dan
faislitator pembelajaran
Kunci : guru menjadi kolaborator sumber daya dan faislitator
pembelajaran
Guru merupakan profesi keahlian khusus. Pernyataan ini mengandung makna
…
a.
Hanya segelintir orang yang layak menjadi guru
profesional
b. Profesi
guru harus bersertifikat pendidik dan memperoleh tunjangan
c. Memiliki
ikatan organisasi profesi sebagai wadah
d. Memiliki
kode etik profesional yang dapat dipertanggungjawabkan
e.
Keahliannya diperoleh melalui proses pendidikan
yang lama
Kunci : Memiliki kode etik profesional yang dapat dipertanggungjawabkan
Guru abad 21 memiliki tugas pokok membimbing peserta didik agar tidak
terjerumus kepada pemanfaatan teknologi yang salah. Tindakan yang dapat
dilakukan guru antara lain…
a.
Melarang penggunaan smartphone di kelas
b. Guru
menghadirkan media pembelajaran yang menarik
c. Mengalihkan
perhatian anak mealui kegiatan olahraga
d. Penggunaan
teknologi informasi hanya untuk guru
e.
Mendampingi anak dalam mengeksplorasi sumber
digital
Kunci : Mendampingi anak dalam mengeksplorasi sumber digital
Bu Weny Hapsari dari SD Taman Hidayah mendampingi peserta didiknya
mengunjungi panti asuhan. Bu Weny melihat salah satu peserta didik bernama Lina
diam termenung setelah mendengar kisah sedih salah seorang penghuni panti
asuhan bernama Andi. Bu Weny mendampingi Lina yang sedang menghayati sesuatu.
Bu Weny sebenarnya sedang melaksanakan tugas yang disebut …
a.
Mendidik
b. Melatih
c. Membina
d. Mebimbing
e.
Mengajar
Kunci: Membimbing
Berikut ini adalah contoh penyesuaian tugas pokok guru dalam
melaksanakan pembelajaran dalam menghadapi pembelajaran abad 21 yaitu …
a.
menerapkan aplikasi untuk menyusun program
semester
b. menggunakan
program aplikasi untuk mengelola nilai peserta didik
c. menjadi
tenaga ahli di bidang tik untuk kepentingan pembelajaran
d. menerapkan
model pembelajaran yang berorientasi pengembangan hots
e.
menganalisis kekuatan dan kelemahan suatu model
pembelajaran
Kunci: menerapkan model pembelajaran yang berorientasi pengembangan
hots
Hal-hal berikut merupakan aspek yang potensial dikembangkan dalam
pengkajian kurikulum kecuali …
a.
kedalaman materi ruang lingkup, keluasan materi
dan relevansi materi
b. integrasi
materi dan kesesuaian materi dengan kompetensi
c. urutan
materi dan ruang lingkup materi
d. kesesuaian
materi dan kompetensi menjawab tantangan masa depan
e.
kesinambungan materi pembahasan materi dan
strategi penyampaian
kunci: kesinambungan materi pembahasan materi dan strategi penyampaian
Saudaraku selaku guru memberikan mengajak peserta didik merefleksikan
cara belajarnya kegiatan ini termasuk jenis penilaian….
a.
assessment as learning
b. assessment
to learning
c. assessment
of learning
d.
assessment for learning
Kunci : assessment as learning
Adanya rasa tanggung jawab sikap responsif dan inovatif terhadap
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan bentuk pelaksanaan dari
fungsi guru sebagai berikut….
a.
memberikan teladan dan menjaga nama baik lembaga
profesi dan kedudukan sesuai kepercayaan yang yang diberikan kepadanya
b. menjunjung
tinggi peraturan perundang-undangan hukum dan kode etik guru serta nilai-nilai
agama dan etika
c. memelihara
dan persatuan dan kesatuan bangsa
d. menciptakan
suasana pendidikan yang bermakna menyenangkan kreatif dinamis dan geologis
dialogis
e.
memelihara komitmen secara profesi untuk
meningkatkan mutu pendidikan
Kunci: memelihara komitmen secara profesi untuk meningkatkan mutu
pendidikan
Menyusun program semester merupakan tugas pokok guru dalam hal …
a.
membimbing dan melatih peserta didik
b. merencanakan
pembelajaran atau pembimbingan
c. melakukan
penilaian pembelajaran
d. melaksanakan
pembelajaran atau pembimbingan
e.
menilai hasil pembelajaran atau pembimbingan
Kunci: Merencanakan pembelajaran atau pembimbingan
Contoh penyesuaian peran guru dalam melaksanakan pembelajaran abad 21
adalah …
a.
guru berperan sebagai pengawas penggunaan TIK
b. guru
mengembangkan kurikulum berbasis kompetensi
c. Guru
berperan menjadi sumber belajar utama
d. Guru
bertindak sebagai pusat pembelajaran
e.
Guru menjadi mitra belajar bagi peserta didik
Kunci: Guru menjadi mitra belajar bagi peserta didik
Manakah sumber-sumber berikut yang paling layak dijadikan sebagai bahan
dalam melakukan refleksi adalah ….
a.
Hasil penialaian orangtua peserta didik terhadap
kinerja guru
b. Angket
penilaian kualitas pembelajaran oleh peserta didik
c. Rekaman
video selama melaksanakan pembelajaran
d. Catatan
hasil pengamatan sejawat tentang proses pembelajaran
e.
Hasil perenungan dan refleksi diri guru terhadap
pengalamannya
Kunci: hasil perenungan dan refleksi diri guru terhadap pengalamannya
Seorang guru menemukan suatu model pembelajaran yang sangat inovatif
dan kemudian dipublikasikan oleh seorang wartawan di suatu media massa. Apa yang
dilakukan guru merupakan upaya pengembangan keprofesian berkelanjutan dalam
kategori …
a.
Publikasi ilmiah di media massa
b. Pengembangan
diri kolektif
c. Pengembangan
diri fungsional
d. Karya
inovatif teknologi tepat guna
e.
Karya inovatif menciptakan karya
Kunci : karya inovatif menciptakan karya
Bu Ana sangat percaya diri dalam mengawali belajar mandiri. Bu Ana juga
memiliki motivasi diri yang kuat. Kondisi Bu Ana yang demikian merupakan
gamabaran belajar mandiri dilihat dari atribut …
a.
Kebebasan
b. Sosiologis
c. Kepribadian
d. Kognitif
e.
Pedagogis
Kunci : kepribadian
Saudara menentukan tujuan belajar, memilih sumber belajar, dan memilih
cara mengevaluasi kemajuan belajarnya sendiri merupakan konsep belajar mandiri
ditinjau dari dimensi …
a.
Pedagogis
b. Psikologis
c. Historis
d. Sosiologis
e.
Yuridis
Kunci : Psikologis
Manakah pernyataan berikut ini yang kurang tepat mengenai konsep
belajar mandiri …
a.
Adanya niat menguasai kompetensi tertentu
b. Mengisolasi
diri dalam melaksanakan proses belajar
c. Melaksanakan
pembelajaran secara aktif sebagai wujud fisik
d. Mengontrol
proses dan memonitor kemajuan belajar sendiri
e.
Mengalokasikan sumber daya dalam rangka mencapai
kompetensi
Kunci: mengisolasi diri dalam melaksanakan proses belajar
Guru akan dihadapkan kepada berbagai pilihan kegiatan yang mengharuskan
untuk menentukan skala prioritas dan memilih yang paling sesuai. Tahap ini
merupakan salah satu tahap di dalam kegiatan refleksi yaitu …
a.
Melakukan analisis
b. Merasakan
dan menghayati
c. Menyusun
rencana aksi
d. Menarik
kesimpulan
e.
Melaksanakan tindakan
Kunci : menyusun rencana aksi
Seseorang mampu menemukan strategi kognitif yang tepat sebagai cara
belajar yang efektif. Kemempuan ini termasuk dalam keterampilan belajar mandiri
yang disebut …
a.
Keterampilan menarik kesimpulan
b. Keterampilan
memproses informasi
c. Keterampilan
bersifat umum
d. Keterammpilan
khusus yang efektif
e.
Keterammpilan merumuskan tujuan belajarnya
Kunci : keterampilan bersifat umum
Aktifitas pengembangan diri mulai dari refleksi sampai dengan tindakan
terjadi berulang dan juga bersifat spiral mengandung pengertian …
a.
Mengandung unsur kebebasan di dalam proses
belajarnya
b. Aktifitas
pengembangan diri dapat melebar ke topik-topik lain
c. Melibatkan
pengetahuan dan pengalaman guru sebelumnya
d. Terjadi
secara mendalam dan melibatkan lebih banyak partisipan
e.
Memberikan dampak peningkatan profesionalisme
secara akumulatif
Kunci : memberikan dampak peningkatan profesionalisme secara akumulatif
Dilihat dari dimensi pedagogis belajar mandiri berarti …
a.
Merupakan aktifitas berpikir reflektif
b. Merupakan
wujud aktifitas fisik belajar aktif
c. Menunjukkan
kemampuan kontrol atas aktifitas belajar
d. Belajar
terpisah dengan guru dan atau tutor
e.
Pengambilan keputusan dan inisiatif dalam ruang
otonominya
Kunci : merupakan wujud aktifitas fisik belajar aktif
Salah satu sikap guru profesioanl dalah bersikap reflektif dapat
tercermin dari tindakan berikut …
a.
Memanfaatkan pengetahuan lokal sebagai strategi
peningkatan diri berkelanjutan
b. Menggunakan
pengalaman masa lalu sebagai sumber belajar
c. Mendokumentasikan
kelebihan dan kekurangan diri
d. Merefleksikan
setiap tindakan dan keputusan yang sudah diambil sebagai bahan evaluasi diri
e.
Mengkaji kualitas diri untuk menambah rasa
percaya diri dan motivasi diri
Kunci : merefleksikan setiap tindakan dan keputusan yang sudah diambil
sebagai bahan evaluasi diri
Semoga bermanfaat dan sukses selalu J
No comments:
Terimakasih atas komentar dan kunjungannya