Soal dan Kunci Jawaban Modul 2 Pedagogik PPG Dalam Jabatan

Soal Dan Kunci Jawaban PPG Dalam Jabatan Modul 2 Pedagogik


Artikel kali ini saya akan mencoba untuk membahas soal-soal Pendidikan Profesi Guru pada bagian Pedagogik Modul kedua. Pada modul kedua pedagogik ini terdiri dari 4 kegiatan belajar yakni tentang karakteristik pembelajaran abad 21, Profil kompetensi guru abad 21, tugas pokok dan fungsi guru abad 21, dan strategi pengembangan keprofesian berkelanjutan.  Berikut soal dan pembahasannya

 

Guru dalam memfasilitasi pembelajaran abad 21 sebaiknya …

a.       Menjadi pengendali utama terhadap materi pembelajaran

b.      Memfokuskan diri kepada penguasaan aplikasi komputer kontemporee

c.       Memfokuskan diri kepada penguasaan materi pembelajaran

d.      Mengutamakan agar peserta didik menguasai materi

e.      Menekankan kepada pengembangan keterampilan belajar

Kunci     : Menekankan kepada pengembangan keterampilan belajar

 

Berikut ini merupakan ciri generasi z yang berkaitan dengan preferensi belajarnya adalah …

a.       Bersifat terbuka terhadap rekam jejak digitalnya

b.      Tidak suka berkolaborasi dan cenderung menyendiri

c.       Menyukai musik dan mendengarkan radio

d.      menyukai komunikasi berbasis visual

e.      Suka membaca teks dari buku elektronik

Kunci : menyukai komunikasi berbasis visual

 

Guru perlu bersikap luwes dalam merancang pembelajaran abad 21. Pernyataan ini mengandung pengertian …

a.       Rancangan membuka peluang perubahan strategi dan materi

b.      Tidak perlu membuat rancangan pembelajaran yang operasional

c.       Rancangan pembelajaran selalu mengintegrasikan teknologi

d.      Pelaksanaan pembelajaran tidak perlu berurutan sesuai rancangan

e.      Teknologi perlu disesuaikan dengan kebutuhan guru

Kunci : Rancangan membuak peluang perubahan strategi dan materi

 

Generasi z memiliki rentang perhatian yang pendek. Manakah pernyatan berikut mencerminkan strategi paling tepat untuk melayani generasi z adalah …

a.       Mengurangi jam pelajaran dan tatap muka

b.      Mengganti buku cetak dengan buku elektronik

c.       Menambah materi pembelajaran berupa bacaan

d.      Mengemas materi ke dalam topik-topik kecil

e.      Meminta peserta didik untuk tetap fokus kepada guru

Kunci : mengemas materi ke dalam topik-topik kecil

 

Model pembelajaran abad 21 yang menekankan dihasilkannya produk dan menekankan otonomi belajar sejak mulai merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi hasil belajarnya adalah …

a.       Pembelajaran diskusi online

b.      Pembelajaran kontekstual

c.       Bermain peran dan simulasi

d.      Pembelajaran berbasis proyek

e.      Pembelajaran kooperatif

Kunci : pembelajaran berbasis proyek

 

Seorang guru menggunakan animasi video untuk menjelaskan materi prinsip kerja hukum Newton. Tindakan guru merupakan penerapan TPACK dalam domain …

a.       Upaya memahami peserta didik

b.      Merepresentasikan data

c.       Memahami materi pembelajaran

d.      Rancangan kurikulum

e.      Pengelolaan pembelajaran

Kunci : memehami materi pembelajaran

 

Rendahnya partisipasi peserta didik di kelas mendorong seorang guru menyediakan google drive agar karya peserta didik dapat tersimpan dengan baik sehingga memudahkan teman lainnya dalam memberikan sumbang saran terkait karya temannya. Hal ini merupakan pengintegrasikan teknologi pada domain …

a.       Pemahaman terhadap peserta didik

b.      Pemahaman materi pembelajaran

c.       Penilaian terhadap peserta didik

d.      Pengelolaan pembelajaran

e.      Strategi pembelajaran

Kunci: strategi pembelajaran

 

Pernyataan berikut yang merupakan fenomena pembelajaran abad 21 yang menyebabkan era disrupsi pendidikan adalah …

a.       Semakin meningkatnya kemampuan TIK peserta didik

b.      Berkembangnya massive online open source

c.       Standar kompetensi guru yang meningkat

d.      Banyaknya media pembelajaran berkualitas

e.      Peningkatan jumlah kepemilikan perangakt TIK

Kunci : Berkembangnya massive online open source

 

Pembelajaran abad 21 menekankan kepada hal-hal berikut ini, kecuali ….

a.       Penguasaan aplikasi komputer, penuntasan materi, dan pemahaman teknologi

b.      Mengembangkan kreatifitas, daya inovasi, dan keterampilan kognisi

c.       Penyelesaian masalah, berpikir tingkat tinggu, dan kolaborasi

d.      Pengembangan keterampilan belajar mandiri, tanggungjawab, dan mencipta

e.      Keterampilan komunikasi, keterampilan belajar, dan metakognisi

Kunci: Penguasaan aplikasi komputer, penuntasan materi, dan pemahaman teknologi

 

Guru perlu memastian desain pembelajaran yang dimediasi teknologi merupakan keputusan peagogis. Alasan paling masuk akal terkait pernyataan di atas adalah …

a.       Pembelajaran yang dimediasi teknologi harus dilengkapi kelas konvensional

b.      Pembelajaran abad 21 memerlukan penerapan prinsip-prinsip pembelajaran

c.       Guru sepenuhnya terbantu oleh peran teknologi abad 21 yang canggih

d.      Teknologi telah menggantikan peran guru di semua aspek pembelajaran

e.      Peserta didik dapat belajar mandiri meskipun tanpa kehadiran seorang guru

Kunci: Pembelajaran abad 21 memerlukan penerapan prinsip-prinsip pembelajaran

 

Berkomunikasi dengan orangtua peserta didik dan masyarakat secara santun, empatik, dan efektif, serta mengikutsertaka orang tua dan masyarakat dalam program pembelajaran gun amengatasi kesulitan belajar peserta didik, merupakan kompetensi …

a.       Profesional

b.      Kepribadian

c.       Sosial

d.      Humanis

e.      Pedagogi

Kunci : Sosial

 

Berikut aspek dalam pengelolaan pembelajaran abad 21, kecuali …

a.       Mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran

b.      Menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi

c.       Menghindari penggunaan smartphone yang berlebihan dalam pembelajaran

d.      Menerapkan kemampuan berpikir tingkat tinggi

e.      Merancang pembalajaran yang kreatif dan inovatif

Kunci : Menghindari penggunaan smartphone yang berlebihan dalam pembelajaran

 

Paradigma dan keyakinan guru mempengaruhi cara guru bertindak. Berikut merupakan cara pandang guru bad 21 tentang pembelajaran abad 21 yang paling tepat adalah …

a.       Guru aktif memfasilitasi peserta didik, peserta didik merespon

b.      Pembelajaran lebih berorientasi untuk menguasai konten

c.       Pembelajaran berpusat peserta didik dengan guru tetap aktif

d.      Pembelajaran harus berpusat pada peserta didik aktif

e.      Pembelajaran di mediasi teknologi peserta didik aktif

Kunci: Pembelajaran berpusat peserta didik dengan guru tetap aktif

 

Indikator guru mampu memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi yang dapat mempengaruhi kebijakan adalah …

a.       Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

b.      Menggunakan informasi hasil penialain dan evaluasi untuk merncang program remedial dan pengayaan

c.       Mengkomunikasikan hasil penilaian dan evaluasi kepada pemangku kepentingan

d.      Memanfaatkan hasil refleksi dan penilaian untuk pengembangan mata pelajaran yang diampu

e.      Menggunakan informasi hasil penialain dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar

Kunci : Mengkomunikasikan hasil penilaian dan evaluasi kepada pemangku kepentingan

 

Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran merupakan kompetensi pedagogik pada aspek …

a.       Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik

b.      Melakukan tindakan reflektif

c.       Pengembangan kurikulum

d.      Penguasaan terhadap karakteristik peserta didik

e.      Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran

Kunci : Melakukan tindakan

 

Menunjukkan etos kerja, tanggungjawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru dan percaya diri merupakan kompetensi …

a.       Sosial

b.      Kepribadian

c.       Pedagogi

d.      Intelektual

e.      Profesional

Kunci : Kepribadian

 

Menerapkan berbagai pendekatan, startegi, metode dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kratif dengan mengintegrasikan teknologi merupakan kompetensi inti pedagogi pada aspek …

a.       Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik

b.      Berkomunikasi pada peserta didik

c.       Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran

d.      Penguasaan tehadap karakteristik peserta didik

e.      Pengembangan kurikulum

Kunci: Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran

 

Memahami karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual termasuk dalam kompetensi …

a.       Sosial

b.      Semua benar

c.       Profesional

d.      Pedagogi

e.      Kepribadian

Kunci : Pedagogi

 

 

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk beromunikasi dan mengembangkan diri termasuk dalam kompetensi …

a.       Sosial

b.      Kepribadian

c.       Intelektual

d.      Profesional

e.      Pedagogi

Kunci : Profesional

 

Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didk mencapai prestasi secara optimal dengan kreatifitasnya termasuk kemampuan pedagogi pada aspek …

a.       Pengembangan kurikulum

b.      Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran

c.       Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik

d.      Penguasaan terhadap kerakteristik peserta didik

e.      Memfasilitsi pengembangan potensi peserta didik

Kunci : Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik

 

Pernyataan berikut paling tepat menggambarkan tugas guru di masa yang akan datang adalah …

a.       Peran guru semakin ringan karen abanyak terbantu oleh teknologi

b.      Guru lebih berfokus membentu peserta didik menuasai materi

c.       Guru bertindak sebagai konsultan pembelajaran berbasis teknologi

d.      Guru mengandalkan teknologi sebagai pengganti peran guru

e.      Guru menjadi kolaborator sumber daya dan faislitator pembelajaran

Kunci : guru menjadi kolaborator sumber daya dan faislitator pembelajaran

 

Guru merupakan profesi keahlian khusus. Pernyataan ini mengandung makna …

a.       Hanya segelintir orang yang layak menjadi guru profesional

b.      Profesi guru harus bersertifikat pendidik dan memperoleh tunjangan

c.       Memiliki ikatan organisasi profesi sebagai wadah

d.      Memiliki kode etik profesional yang dapat dipertanggungjawabkan

e.      Keahliannya diperoleh melalui proses pendidikan yang lama

Kunci : Memiliki kode etik profesional yang dapat dipertanggungjawabkan

 

Guru abad 21 memiliki tugas pokok membimbing peserta didik agar tidak terjerumus kepada pemanfaatan teknologi yang salah. Tindakan yang dapat dilakukan guru antara lain…

a.       Melarang penggunaan smartphone di kelas

b.      Guru menghadirkan media pembelajaran yang menarik

c.       Mengalihkan perhatian anak mealui kegiatan olahraga

d.      Penggunaan teknologi informasi hanya untuk guru

e.      Mendampingi anak dalam mengeksplorasi sumber digital

Kunci : Mendampingi anak dalam mengeksplorasi sumber digital

Bu Weny Hapsari dari SD Taman Hidayah mendampingi peserta didiknya mengunjungi panti asuhan. Bu Weny melihat salah satu peserta didik bernama Lina diam termenung setelah mendengar kisah sedih salah seorang penghuni panti asuhan bernama Andi. Bu Weny mendampingi Lina yang sedang menghayati sesuatu. Bu Weny sebenarnya sedang melaksanakan tugas yang disebut …

a.       Mendidik

b.      Melatih

c.       Membina

d.      Mebimbing

e.      Mengajar

Kunci: Membimbing

 

Berikut ini adalah contoh penyesuaian tugas pokok guru dalam melaksanakan pembelajaran dalam menghadapi pembelajaran abad 21 yaitu …

a.       menerapkan aplikasi untuk menyusun program semester

b.      menggunakan program aplikasi untuk mengelola nilai peserta didik

c.       menjadi tenaga ahli di bidang tik untuk kepentingan pembelajaran

d.      menerapkan model pembelajaran yang berorientasi pengembangan hots

e.      menganalisis kekuatan dan kelemahan suatu model pembelajaran

Kunci: menerapkan model pembelajaran yang berorientasi pengembangan hots

 

Hal-hal berikut merupakan aspek yang potensial dikembangkan dalam pengkajian kurikulum kecuali …

a.       kedalaman materi ruang lingkup, keluasan materi dan relevansi materi

b.      integrasi materi dan kesesuaian materi dengan kompetensi

c.       urutan materi dan ruang lingkup materi

d.      kesesuaian materi dan kompetensi menjawab tantangan masa depan

e.      kesinambungan materi pembahasan materi dan strategi penyampaian

kunci: kesinambungan materi pembahasan materi dan strategi penyampaian

 

Saudaraku selaku guru memberikan mengajak peserta didik merefleksikan cara belajarnya kegiatan ini termasuk jenis penilaian….

a.       assessment as learning

b.      assessment to learning

c.       assessment of learning

d.      assessment for learning

Kunci : assessment as learning

 

Adanya rasa tanggung jawab sikap responsif dan inovatif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan bentuk pelaksanaan dari fungsi guru sebagai berikut….

a.       memberikan teladan dan menjaga nama baik lembaga profesi dan kedudukan sesuai kepercayaan yang yang diberikan kepadanya

b.      menjunjung tinggi peraturan perundang-undangan hukum dan kode etik guru serta nilai-nilai agama dan etika

c.       memelihara dan persatuan dan kesatuan bangsa

d.      menciptakan suasana pendidikan yang bermakna menyenangkan kreatif dinamis dan geologis dialogis

e.      memelihara komitmen secara profesi untuk meningkatkan mutu pendidikan

Kunci: memelihara komitmen secara profesi untuk meningkatkan mutu pendidikan

 

Menyusun program semester merupakan tugas pokok guru dalam hal …

a.       membimbing dan melatih peserta didik

b.      merencanakan pembelajaran atau pembimbingan

c.       melakukan penilaian pembelajaran

d.      melaksanakan pembelajaran atau pembimbingan

e.      menilai hasil pembelajaran atau pembimbingan

Kunci: Merencanakan pembelajaran atau pembimbingan

 

Contoh penyesuaian peran guru dalam melaksanakan pembelajaran abad 21 adalah …

a.       guru berperan sebagai pengawas penggunaan TIK

b.      guru mengembangkan kurikulum berbasis kompetensi

c.       Guru berperan menjadi sumber belajar utama

d.      Guru bertindak sebagai pusat pembelajaran

e.      Guru menjadi mitra belajar bagi peserta didik

Kunci: Guru menjadi mitra belajar bagi peserta didik

 

Manakah sumber-sumber berikut yang paling layak dijadikan sebagai bahan dalam melakukan refleksi adalah ….

a.       Hasil penialaian orangtua peserta didik terhadap kinerja guru

b.      Angket penilaian kualitas pembelajaran oleh peserta didik

c.       Rekaman video selama melaksanakan pembelajaran

d.      Catatan hasil pengamatan sejawat tentang proses pembelajaran

e.      Hasil perenungan dan refleksi diri guru terhadap pengalamannya

Kunci: hasil perenungan dan refleksi diri guru terhadap pengalamannya

 

Seorang guru menemukan suatu model pembelajaran yang sangat inovatif dan kemudian dipublikasikan oleh seorang wartawan di suatu media massa. Apa yang dilakukan guru merupakan upaya pengembangan keprofesian berkelanjutan dalam kategori …

a.       Publikasi ilmiah di media massa

b.      Pengembangan diri kolektif

c.       Pengembangan diri fungsional

d.      Karya inovatif teknologi tepat guna

e.      Karya inovatif menciptakan karya

Kunci : karya inovatif menciptakan karya

 

Bu Ana sangat percaya diri dalam mengawali belajar mandiri. Bu Ana juga memiliki motivasi diri yang kuat. Kondisi Bu Ana yang demikian merupakan gamabaran belajar mandiri dilihat dari atribut …

a.       Kebebasan

b.      Sosiologis

c.       Kepribadian

d.      Kognitif

e.      Pedagogis

Kunci : kepribadian

 

Saudara menentukan tujuan belajar, memilih sumber belajar, dan memilih cara mengevaluasi kemajuan belajarnya sendiri merupakan konsep belajar mandiri ditinjau dari dimensi …

a.       Pedagogis

b.      Psikologis

c.       Historis

d.      Sosiologis

e.      Yuridis

Kunci : Psikologis

 

 

Manakah pernyataan berikut ini yang kurang tepat mengenai konsep belajar mandiri …

a.       Adanya niat menguasai kompetensi tertentu

b.      Mengisolasi diri dalam melaksanakan proses belajar

c.       Melaksanakan pembelajaran secara aktif sebagai wujud fisik

d.      Mengontrol proses dan memonitor kemajuan belajar sendiri

e.      Mengalokasikan sumber daya dalam rangka mencapai kompetensi

Kunci: mengisolasi diri dalam melaksanakan proses belajar

 

Guru akan dihadapkan kepada berbagai pilihan kegiatan yang mengharuskan untuk menentukan skala prioritas dan memilih yang paling sesuai. Tahap ini merupakan salah satu tahap di dalam kegiatan refleksi yaitu …

a.       Melakukan analisis

b.      Merasakan dan menghayati

c.       Menyusun rencana aksi

d.      Menarik kesimpulan

e.      Melaksanakan tindakan

Kunci : menyusun rencana aksi

 

 

Seseorang mampu menemukan strategi kognitif yang tepat sebagai cara belajar yang efektif. Kemempuan ini termasuk dalam keterampilan belajar mandiri yang disebut …

a.       Keterampilan menarik kesimpulan

b.      Keterampilan memproses informasi

c.       Keterampilan bersifat umum

d.      Keterammpilan khusus yang efektif

e.      Keterammpilan merumuskan tujuan belajarnya

Kunci : keterampilan bersifat umum

 

Aktifitas pengembangan diri mulai dari refleksi sampai dengan tindakan terjadi berulang dan juga bersifat spiral mengandung pengertian …

a.       Mengandung unsur kebebasan di dalam proses belajarnya

b.      Aktifitas pengembangan diri dapat melebar ke topik-topik lain

c.       Melibatkan pengetahuan dan pengalaman guru sebelumnya

d.      Terjadi secara mendalam dan melibatkan lebih banyak partisipan

e.      Memberikan dampak peningkatan profesionalisme secara akumulatif

Kunci : memberikan dampak peningkatan profesionalisme secara akumulatif

 

 

Dilihat dari dimensi pedagogis belajar mandiri berarti …

a.       Merupakan aktifitas berpikir reflektif

b.      Merupakan wujud aktifitas fisik belajar aktif

c.       Menunjukkan kemampuan kontrol atas aktifitas belajar

d.      Belajar terpisah dengan guru dan atau tutor

e.      Pengambilan keputusan dan inisiatif dalam ruang otonominya

Kunci : merupakan wujud aktifitas fisik belajar aktif

 

 

Salah satu sikap guru profesioanl dalah bersikap reflektif dapat tercermin dari tindakan berikut …

a.       Memanfaatkan pengetahuan lokal sebagai strategi peningkatan diri berkelanjutan

b.      Menggunakan pengalaman masa lalu sebagai sumber belajar

c.       Mendokumentasikan kelebihan dan kekurangan diri

d.      Merefleksikan setiap tindakan dan keputusan yang sudah diambil sebagai bahan evaluasi diri

e.      Mengkaji kualitas diri untuk menambah rasa percaya diri dan motivasi diri

Kunci : merefleksikan setiap tindakan dan keputusan yang sudah diambil sebagai bahan evaluasi diri

 

 

 

Semoga bermanfaat dan sukses selalu J

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

No comments:

Terimakasih atas komentar dan kunjungannya

Powered by Blogger.